Minggu 13 November 2022, 18:11 WIB

KKP Fokus Siapkan SDM Perikanan dari Hulu Sampai Hilir

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Fokus Siapkan SDM Perikanan dari Hulu Sampai Hilir

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) mempersiapkan sumber daya manusia untuk membangun sektor kelautan dan perikanan dari hulu hingga hilir.

Melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, sebagai unit pelaksana teknis (UPT) BRSDM menggelar Pelatihan Keterampilan Nelayan dan Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan di Desa ketewel Kabupaten Gianyar, Bali. Kegiatan ini diikuti 60 orang nelayan dan 60 pengolah ikan di Gianyar pada 10-11 November 2022.

"Melalui peningkatan kecakapan nelayan dalam bidang penangkapan dan pengolahan perikanan, kita dapat membangun sumber daya manusia (SDM) dari hulu ke hilir agar produk yang dihasilkan terjamin mutunya," ujar Kepala BRSDM KKP I Nyoman Radiarta dalam keterangannya, Minggu (13/11).

Ia menyebut potensi bidang perikanan tangkap di laut Bali mencapai 147.278,75 ton per tahun, dengan dominasi produksi perikanan tangkap meliputi tuna, lemuru, dan tongkol.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat menjadi nelayan yang andal dan bersertifikasi serta dapat mengembangkan keahliannya menjadi usaha olahan ikan untuk berusaha.

"Output pelatihan ini tidak hanya berupa jumlah orang yang dilatih, tapi bagaimana outcome yang dihasilkan dari pelatihan tersebut dapat menjadi pengungkit ekonomi bagi masyarakat pesisir di Gianyar khususnya," harap Nyoman.

Sebagai informasi, pada Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan, para peserta mendapatkan materi berupa pembuatan luluh sate lilit ikan, pindang ikan, sambal botol tuna, dan siomay ikan.

Sementara itu pada Pelatihan Keterampilan Penangkapan Ikan, para peserta mendapat materi berupa pengenalan keselamatan kerja dan pertolongan pertama pada kecelakaan, pengetahuan dasar pelayaran dan operasi penangkapan ikan serta perawatan kapal ikan. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Bandara Ngurah Rai Kembali Layani Rute Hong Kong-Bali

👤┬áInsi Nantika Jelita 🕔Selasa 29 November 2022, 11:18 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menambah rute penerbangan internasional dengan pembukaan kembali rute penerbangan Hong Kong-Bali-Hong...
Ist

Bank Lestari Jakarta (BPR) Sosialisasikan Produk Perbankan pada Mahasiswa

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 11:09 WIB
Bank Lestari Jakarta (BPR) untuk mendukung gerakkan literasi dan edukasi keuangan di masyarakat khususnya di kalangan...
Ist/BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Ingin Tingkatkan Martabat Para Seniman Komedi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 10:53 WIB
BPJS Ketenagakerjaan ingin menumbuhkan kesadaran para pekerja seni dan komedi terkait pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya