Rabu 14 September 2022, 21:59 WIB

Perusahaan Layanan Keuangan Digital Fazz Raih Pendanaan Seri C

mediaindonesia.com | Ekonomi
Perusahaan Layanan Keuangan Digital Fazz Raih Pendanaan Seri C

Ist
Perusahaan layanan keuangan digital Asia Tenggara, Fazz, mengumumkan perolehan dana senilai US$100 juta dalam pendanaan Seri C.

 

PERUSAHAAN layanan keuangan digital Asia Tenggara, Fazz, yang sebelumnya dikenal sebagai Fazz Financial Group, Rabu (14/9), mengumumkan perolehan dana senilai US$100 juta dalam pendanaan Seri C.

Pendanaan ini terdiri atas ekuitas senilai US$75 juta, yang meliputi investasi dari investor yang telah ada seperti Tiger Global, DST Investment, B Capital, Insignia Ventures Partners dan ACE & Company.

Investor lain yang turut berpartisipasi dalam pendanaan ini meliputi Ilham Ltd (yang berkaitan dengan dana kekayaan negara di wilayah Asia Tenggara), EDBI, InterVest, Michael Seibel (Managing Director dari Y Combinator), dan Hans Tung (Managing Partner dari GGV Capital).

Sebagai tambahan, Fazz telah menandatangani lembar ketentuan (term sheet) dengan Lendable untuk fasilitas pinjaman senilai US$25 juta.

Pendanaan pada seri terbaru ini akan digunakan untuk membangun Fazz, akun bisnis yang memungkinkan usaha dengan berbagai skala – mulai dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hingga perusahaan yang masuk ke dalam daftar Fortune 500 – untuk melakukan pembayaran, penyimpanan, dan memperoleh kredit dengan mudah di Asia Tenggara.

Fazz turut mengakselerasi visi perusahaan untuk mempercepat transformasi digital di Asia Tenggara.

Baca juga: OJK: 15 Fintech Lending belum Penuhi Modal Minimum Rp25 Miliar

Investasi ini diperoleh atas kesuksesan Fazz baru-baru ini, di mana perusahaan mencatat rekor volume transaksi tahunan sebesar US$10 miliar selama setahun terakhir.

Fazz ingin melipatgandakan volume transaksinya dalam 12 bulan ke depan, serta memperluas tim mereka di Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Taiwan dari 800 anggota lebih menjadi 1.400 anggota.

Fazz terdiri dari Fazz Agen, sebuah aplikasi keuangan berbasis agen yang melayani usaha mikro dan kecil di Indonesia dengan memberikan kemudahan akses untuk pembayaran, pembelian grosir dan permodalan yang merata.

Fazz Business adalah sebuah akun bisnis untuk membantu startup, UMKM, dan perusahaan-perusahaan besar yang sedang berkembang dalam membangun, menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka di Asia Tenggara.

Fazz menyediakan kemampuan untuk melakukan dan menerima pembayaran, mengembangkan modal, dan memperoleh pendanaan.

Kurangnya akses terhadap perangkat teknologi dan pendanaan bank yang merata merupakan tantangan utama bagi UMKM di Asia Tenggara, dengan kesenjangan pendanaan yang saat ini menyentuh US$300 miliar.

“Banyak bisnis di Asia Tenggara masih belum memperoleh akses terhadap layanan keuangan sepenuhnya (underserved), dan beberapa di antaranya sangat terdampak oleh pandemi," kata Hendra Kwik, Chief Executive Officer of Fazz.

"Fazz hadir untuk membantu mereka pulih dan tumbuh kembali menjadi lebih kuat," ujarnya.

"Teknologi Fazz adalah keistimewaan utama kami – kami berinvestasi besar pada teknologi dalam bisnis kami untuk memastikan bahwa segala usaha, mulai dari toko kecil milik keluarga hingga perusahaan besar, dapat mengakses layanan keuangan untuk membangun usaha mereka," papar Hendra.

"Hal penting lainnya adalah kami ingin memberikan manfaat yang sama seperti yang dimiliki perusahaan besar kepada usaha kecil dan pemilik warung. Pendanaan ini memungkinkan kami untuk membangun keunggulan teknologi tersebut bagi pengguna kami,” jelasnya.

Pada awalnya Fazz merupakan penggabungan antara PayFazz yang didirikan di Indonesia dan Xfers yang didirikan di Singapura pada bulan Maret 2021.

Fazz akan menggunakan dana tersebut untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan keahlian teknologi perusahaan dalam menghadirkan produk keuangan berbeda yang melayani kebutuhan berbagai usaha di wilayah ini.

Selain Fazz Agen dan Fazz Business, Fazz juga terdiri atas Modal Rakyat – layanan pendanaan Peer-to-Peer dan pinjaman untuk UMKM, dan StraitsX – infrastruktur pembayaran untuk aset digital.

"Fazz menyediakan perangkat keuangan penting untuk bisnis-bisnis di Asia Tenggara, sebab banyak di antaranya belum memperoleh kemudahan akses pembayaran digital, fungsi perbendaharaan, dan pertumbuhan modal," kata Alex Cook, Partner, Tiger Global.

"Platform Fazz telah diadopsi dengan cepat oleh usaha kecil dan perusahaan besar, dan kami berharap dapat melanjutkan kemitraan kami dengan Fazz," kata Alex Cook. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

DOK Indonesia Re.

Kinerja Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional Dioptimalkan Lagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 14:35 WIB
PT Reasuransi Indonesia Utama (persero) atau Indonesia Re akan kembali menggaungkan peran Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional...
ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Harga Kopra Anjlok, Presiden: Pemerintah Tidak Bisa Intervensi

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 28 September 2022, 14:24 WIB
Ia pun meminta para petani tetap tenang karena ada kemungkinan harga kopra akan kembali naik dalam beberapa waktu ke...
Ist/BJB

Produk bjb Obligasi Ritel ORI 022 dengan Penawaran Kupon Menarik

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 13:55 WIB
Ritel Seri ORI022 melalui produk bjb Obligasi Ritel dengan penawaran kupon menarik dan pembelian antara Rp1 juta hingga Rp5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya