Selasa 30 Agustus 2022, 15:22 WIB

Investasi di Karawang Diharapkan Bisa Serap Tenaga Kerja

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Investasi di Karawang Diharapkan Bisa Serap Tenaga Kerja

AFP
Ilustrasi pekerja pabrik yang tetap bertahan di tengah pandemi.

 

Tingginya investasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada tahun ini tidak meningkatkan penyerapan tenaga kerja, karena kebanyakan investasi yang masuk ke Karawang merupakan investasi padat modal.

Karena itu diharapkan investasi yang masuk ke Karawang mendatang adalah investasi yang membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Karawang Eka Sanatha, di Karawang, Selasa, mengatakan, capaian realisasi investasi pada semester pertama 2022 mencapai Rp15,27 triliun

Realisasi itu berarti sudah mencapai 51,16 persen dari target tahun ini yang telah ditentukan Pemerintah Jawa Barat sebesar Rp29,85 triliun.

Namun, dilihat dari data DPMPTSP Karawang, tingginya capaian investasi itu tidak berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja.

Untuk serapan tenaga kerja pada semester pertama 2022 sebanyak 4.524 orang. Sedangkan serapan tenaga kerja pada semester pertama tahun lalu sebanyak 6.226 orang.

Sesuai dengan data tersebut, Eka menyebutkan meski investasi meningkat, tapi serapan tenaga kerja pada semester pertama tahun ini turun 32,73 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

Disebutkan kalau tingginya capaian investasi yang tidak berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja ialah karena investasi yang masuk ke Karawang merupakan investasi padat modal.

Eka berharap pada periode berikutnya investasi yang masuk ke Karawang adalah investasi yang membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Sehingga multiplier efek dari masuknya investasi di Karawang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat," kata Eka. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok.Ist

Agung Podomoro Group Hadirkan Kawasan Prestisius di Kaltim

👤Mediandonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:49 WIB
Alasan Agung Podomoro memilih wilayah Samarinda selain sebagai Ibu Kota Kalimantan Timur, juga penghubung kota besar lainnya seperti...
Antara.Nyoman Hendra Wibowo

Hasilkan Enam Output, Forum TIIMM G20 Dinilai Produktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:34 WIB
Hasil pertemuan TIIMM G20 dan sejumlah kesepakatan yang terlahir di sela-sela pertemuan itu cukup penting untuk mendongkrak kinerja ekspor...
DOK situs web State Street.

Jelang Akhir Tahun, TECH Masuk ETF State Street

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:07 WIB
Saham PT IndoSterling Technomedia (TECH) berhasil masuk dalam Exchange Trade Fund (ETF) atau paket saham yang dikelola manajemen investasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya