Jumat 22 Juli 2022, 19:25 WIB

BUMN Amarta Karya Rampungkan Proyek SPAM Wae Mese II di NTT

mediaindonesia.com | Ekonomi
BUMN Amarta Karya Rampungkan Proyek SPAM Wae Mese II di NTT

Ist
Presiden Joko Widodo meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) Wae Mese IIl di Manggarai Barat, NTT yang dibangun BUMN Amarta Karya.

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) Wae Mese II 2x50 l/dt di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibangun BUMN Amarta Karya, Jumat (22/7).

Dalam pidatonya Jokowi menyampaikan bahwa penataan Labuan Bajo harus terintegerasi semua dari mulai air, listrik, dan penataan kawasan terpadu, sehingga kebutuhan masyarakat dapat  terpenuhi dengan baik.

”Dari airnya, ketersediaan listriknya, penataan kawasan semuanya terpadu, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang ada bisa dipenuhi,” kata Jokowi, saat meresmikan SPAM Wae Mase II, Jumat (22/7).

Seperti diketahui, kehadiran SPAM Wae Mese II ini, menambah kapasitas air minum di Kabupaten Manggarai Barat menjadi 140 liter per detik dari sebelumnya 40 liter per detik sehingga jumlah sambungan rumah tangga yang terlayani sebanyak 8.000 SR (Sex Ratio) atau 40 ribu warga.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Perluasan Bandar Udara Komodo

Sementara itu, Direktur Utama Amarta Karya (AMKA) Nikolas Agung mengaku bersyukur dan bangga atas kontribusinya untuk membangun proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Nusa Tenggara Timur di antaranya pembangunan SPAM Wae Mese II.

“Suatu hal yang patut kita syukuri dan kita banggakan atas kontribusi Amarta Karya terhadap pembangunan SPAM Wae Mese II karena dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kebutuhan air yang sangat pesat, dan dapat terlayani dengan baik oleh masyarakat sekitar,” jelasnya di sela-sela peresmian SPAM Wae Mase II.

Lebih lanjut, dengan demikian tambahan kapasitas 100 liter per detik tidak akan ada lagi gep atau celah antara sektor industri, pariwisata, dan masyarakat (rumah tangga). 

"Jadi kebutuhan air untuk semua sektor akan tercukupi sehingga tidak akan ada kecemburuan sosial," ungkap Nikolas Agung.

Perlu diketahui bahwa SPAM Wae Mese II merupakan pembangunan SPAM pertama di Indonesia dengan kapasitas 2x50 per detik. 

Pihaknya juga berharap buah karya AMKA dapat selalu dinikmati oleh masyarakat, hal itu sebagai bentuk kontribusi perusahaan plat merah dalam rangka untuk terus menyukseskan program pemerintahan Joko Widodo dalam sektor pembangunan infrastruktur.

Peresmian ini dihadiri juga oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Kemenparekraf  Sandiaga Uno, Dirjen Cipta Karya Ibu Diana Kusumastuti, dan jajarannya, Bupati Manggarai Barat. Sedangkan dari Amarta Karya dihadiri oleh Direktur Utama Nikolas Agung SR dan jajarannya.(RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya