Rabu 29 Juni 2022, 16:48 WIB

Indonesia Menuju Mobile-Only Country

Miskah Syifa Putri | Ekonomi
Indonesia Menuju Mobile-Only Country

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja secara daring di salah satu situs belanja di Bogor, Jawa Barat.

 

PANDEMI covid-19 membuat aktivitas dan perilaku belanja masyarakat berubah, terutama pada sektor e-commerce di Indonesia. Berkembangnya alat transaksi berupa uang digital dan bergesernya tren belanja menjadi daring menjadi salah satu alasan kuat. 

Menurut e-Conomy SEA Indonesia 2021, hampir 15 juta orang Indonesia, yang berada di daerah non-perkotaan, menggunakan layanan berbasis internet untuk pertama kalinya pada paruh pertama 2021.

Berdasarkan data internal dari iPrice, ditemukan adanya pergeseran yang sangat cepat dalam pasar e-commerce yang membuat Indonesia menuju “mobile-only country” pertama di Asia Tenggara. Mengapa begitu?

Baca juga: Empat Jurus Terhindar Penipuan Daring

Tidak dapat dipungkiri, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, pasti banyak sektor lain yang ikut mengalami perubahan. Salah satunya terdapat pada sektor e-commerce di Indonesia. 

Dalam laporan iPrice 2021/2022, tim iPrice menemukan 94% shoppers menggunakan ponsel pintar untuk mencari produk. Angka itu meningkat 16% dari periode 2016/2017. Hal ini kemungkinan didorong oleh fakta bahwa setengah dari 278 juta penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun. 

MI/HO--Grafis pengunaan perangkat mobile di Asia Tenggara.

Dikutip dari Insider Intelligence, generasi melek digital yang juga mobile-centric ini cenderung sangat terhubung dengan media sosial, berbelanja melalui layar yang kecil, juga menggunakan aplikasi mobile payment dengan antusias.

Terlebih lagi, sebagai salah satu pengguna awal e-wallet di Asia Tenggara, konsumen Indonesia juga lebih percaya diri dalam melakukan pembelian melalui sistem pembayaran mobile. 

Proses yang mudah dan dapat dilakukan di manapun dan kapanpun menjadi salah satu alasan kuat mengapa masyarakat lebih memilih untuk belanja daring.

Perubahan mendasar dalam preferensi gaya hidup sehari-hari inilah yang membuat terbentuknya generasi “mobile-only”. (RO/OL-1)

Baca Juga

Dok. JULO

JULO Dorong Inklusi Keuangan Lewat Kolaborasi dengan Maliq & D'Essentials di Lagu Indonesia #SIAPMELESAT

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:53 WIB
Mengusung kampanye Siap Melesat, kolaborasi itu menjadi ajakan positif agar masyarakat Indonesia terus memiliki semangat berkarya untuk...
Antara/Aji Styawan.

Pengertian Amdal: Kegunaan, Fungsi, Tujuan, dan Dasar Hukum

👤Meilani Teniwut 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:45 WIB
Amdal merupakan istilah yang cukup familiar di telinga masyarakat. Amdal diperkenalkan sejak 1969, saat orang mulai merasakan dampak...
dok. PermataBank

Dorong Literasi Keuangan Sejak Dini, PermataBank Kembali Luncurkan Cerpen Karya Duta Menabung

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:41 WIB
Dikurasi dari hasil karya 150 siswa SD dan SDLB Duta Menabung peserta PermataBankir Cilik 2021 dari Jakarta, Tangerang, Bandung, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya