Selasa 10 Mei 2022, 16:15 WIB

Pemerintah Dorong Swasta Ciptakan Ekosistem Digital Talent Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pemerintah Dorong Swasta Ciptakan Ekosistem Digital Talent Indonesia

ANTARA/NOVA WAHYUDI
Kepala Staff Presiden Moeldoko (kedua kanan) meninjau rest area KM 234 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

 

PEMERINTAH berkomitmen mendukung talenta digital nasional, khususnya melalui pendidikan vokasi. Pemerintah pun mengajak pihak swasta untuk turut berkontribusi dalam pembentukan ekosistem talenta digital di Indonesia.

"Dari target program pengembangan 100 ribu talenta digital di Indonesia melalui pendidikan vokasi, saat ini sudah terbentuk sekitar 60 ribu talenta digital. Pemerintah sangat mengapresiasi kerja sama pihak swasta yang turut mendukung terbentuknya ekosistem digital di Indonesia," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam kunjungannya ke Kantor Pusat Huawei di Jakarta, Selasa (10/5).

Baca juga: Dorong Kemandirian Desa Melalui Desa Digital

"Oleh karenanya, pemerintah juga terus mendorong inovasi lain dari pihak swasta terutama dalam membentuk talenta-talenta digital di Indonesia," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kantor Staf Presiden (KSP) telah menandatangani Nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei Indonesia pada Oktober 2020 silam terkait pengembangan 100 ribu talenta digital di Indonesia.

Moeldoko menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta seperti Huawei Indonesia mengingat Indonesia hingga 2030 membutuhkan sekitar 9 juta SDM mumpuni  yang menguasai teknologi digital terdepan seperti Cloud, Kecerdasan Artifisial, Analitik Big Data, 5G hingga IoT.

Huawei bersama dengan the ASEAN Foundation telah membentuk ASEAN Academy Indonesia yang aktif menggelar berbagai pelatihan, seminar, studi banding, sertifikasi, hingga kompetisi yang dirancang memperkaya wawasan, memperdalam pemahaman, serta meningkatkan penguasaan terhadap teknologi-teknologi terdepan.

"Kami sangat mengapresiasi bimbingan dan nasihat dari Bapak Moeldoko kepada kami untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Kami terus berkomitmen untuk menciptakan link and match antara lulusan vokasi dengan industri kerja," kata Direktur Strategi ICT dan Bisnis Huawei, Mohamad Rosidi. (RO/A-1)

Baca Juga

DOK SEMEN GRESIK

Semen Gresik Sukses Kampanye Nihil Gratifikasi pada Momen Idul Fitri1443 H

👤Haryanto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 08:29 WIB
Dasar pelaksanaanya, lanjut Jibril, merujuk pada Peraturan KPK No. 2 Tahun 2019 tentang Pelaporan Gratifikasi, dan Permen BUMN...
Ist

Penggunaan Teknologi Dapat Mempercepat Pemulihan Ekonomi Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 08:17 WIB
Pameran UMKM para alumni ITB juga ditampilkan di dalam lokasi acara sebagai bentuk pengenalan serta pemberdayaan langsung dari UMKM yang...
Dok. Bhinneka.com

Bhinneka dan Yayasan Indonesia Setara Perkuat Kolaborasi Lewat Kajian Ekonomi 5

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:25 WIB
Hendrik Tio menjelaskan, Bhinneka hadir sebagai kurator UMKM berkualitas dengan mengkurasi para pelaku UMKM untuk bisa hadir di platform...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya