Selasa 29 Maret 2022, 17:19 WIB

Pantauan Ikappi, Harga Minyak Goreng Hingga Telur Masih Naik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pantauan Ikappi, Harga Minyak Goreng Hingga Telur Masih Naik

Antara
Pedagang membungkus minyak goreng curah eceran di pasar wilayah Aceh.

 

IKATAN Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat harga beberapa komoditas pangan masih mengalami lonjakan jelang Ramadan. 

Mulai dari bawang putih, daging ayam, telur, gula pasir, minyak goreng, hingga daging sapi. "Beberapa komoditas tersebut agak sulit ditahan untuk tidak naik," Wakil Sekjen Kebijakan Publik Ikappi Teguh Stiawan dalam keterangan resmi, Selasa (29/3).

Dia menyoroti faktor kenaikan harga pangan, seperti minyak goreng curah dan gula pasir, yang disebabkan penurunan distribusi. Minyak goreng curah yang biasanya per minggu dikirim 3-4 kali, namun saat ini hanya dikirim 2 kali.

Baca juga: Minyak Goreng Curah Langka, Warga Antre Peroleh Kupon 20 Liter

"Sedangkan gula mengalami penurunan distribusi hingga 40%," ungkap Teguh.

Ikappi menyatakan harga minyak goreng curah di pasaran berkisar Rp19-20 ribu per liter. Lalu, gula pasir tembus di kisaran Rp15 ribuan per kg.

Komoditas lain, seperti bawang putih, ayam dan telur, juga mengalami lonjakam permintaan sekitar 30%. Harga rata-rata bawang putih naik dari Rp33.000 per kg menjadi Rp33.900 per kg.

Baca juga: Presiden Sebut Dana Desa Ditambah pada Tahun Depan

"Daging ayam dari Rp38 ribu per ekor, naik menjadi Rp39 ribu per ekor. Telur ayam dari Rp25 ribu per kg naik menjadi 25.500. Sedangkan daging naik menjadi Rp141 ribu per kg," jelasnya.

Pihaknya menilai beberapa komoditas tersebut penting untuk dijaga stabilitas harga maupun stok ketka Ramadan. Sebab, biasanya permintaan sejumlah stok pangan melambung hingga 50%.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. Intiland

Intiland Gelar Tahapan Topping Off Apartemen SQ Rés, Siap Sambut Geliat Sektor Properti

👤Mediaindonesia.om 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:51 WIB
Direktur Pengembangan Bisnis Intiland Permadi Indra Yoga menjelaskan pelaksanaan topping off menjadi tahapan penting dalam proses...
Ist

Tabungan Simpedes Ajak UMKM PeDe Memimpin Perubahan

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:47 WIB
AKTIVITAS masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia yang mulai kembali normal harus dimanfaatkan pelaku UMKM yang sempat terpuruk selama...
Ist

Bangun Desa Mandiri, PT TIA Raih CSR & PDB Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:16 WIB
Diraihnya penghargaan ini merupakan bagian dari konsistensi TIA dalam membangun Kemandirian Desa Binaan di sekitar wilayah operasionalnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya