Kamis 10 Februari 2022, 06:20 WIB

Bisnis dengan Lensa Gender

MI | Ekonomi
Bisnis dengan Lensa Gender

Dok. Pribadi

 

MENDIRIKAN Ecodoe pada 2014 bersama keempat temannya, kini Larasati Widyaputri ditemani satu ko-pendirinya, Istiq Farila, yang masih bertahan hingga saat ini. Saat ini, Ecodoe punya 26 orang yang menjadi bagian dari tim dan memiliki 1.500-an mitra UMKM.

Sebagai platform digital pengadaan yang menghubungkan ke UMKM-UMKM, Ecodoe punya proyeksi untuk turut menaikkan kelas mitra mereka. Laras mengatakan, menjadi tanggung jawab moral mereka untuk membantu UMKM. Salah satu yang ditempuh ialah dengan meluncurkan program Localaris. Program yang memberikan akses pasar pengadaan digital, pendanaan, dan pendampingan bisnis.

“Misal ada UMKM yang dapat proyek pengadaan sampai ratusan juta rupiah. Tapi karena biasanya klien seperti pemerintahan misalnya itu bayar di akhir, dan ketika UMKM pembiayaannya belum siap, lewat Localaris itu bisa dilakukan. Kami juga dampingi literasi keuangannya,” kata Laras dalam konferensi video dengan Media Indonesia, Jumat (4/2).

Dalam program Localaris, UMKM yang berpartisipasi juga mendapat kesempatan untuk pendampingan pengembangan bisnis seperti branding, kemasan, cara berkomunikasi, standardisasi kualitas, dan kontrol. “Sehingga yang tadinya skala rumahan bisa ke skala industri.”

Laras juga sadar dalam memperbaiki ekosistem bisnisnya. Dulu, keputusan-keputusan lebih banyak diserahkan kepada eks ko-pendirinya yang laki-laki. Sejak dibesarkan oleh Laras dan ko-pendirinya yang kini bertahan, yang juga sama-sama perempuan, Ecodoe pun memberikan ruang yang ramah gender di lingkungan kerja mereka.

“Dalam enam tahun ke belakang ini, pemerintah kan ada gerakan yang mempertemukan sesama pebisnis seperti 1001 startup digital, 1000 pengusaha muda, dan lainnya. Di situ juga bertemu dengan sesama perempuan pemimpin bisnis yang buka mata, oh ternyata begini cara bisnis yang baik. Bukan lagi melihat sekadar gender, tetapi bagaimana performa kualitas dan etika bisnisnya.”

Kesadaran soal etika bisnis yang ramah gender juga semakin terbuka ketika Laras ikut beberapa program dari Singapura, yang kemudian mendapat pendanaan dari AS dan Australia yang fokusnya pada lensa gender.

“Saya baru paham, oh ketika memberikan kesempatan perempuan untuk memimpin bisnis, ternyata bisa meningkatkan GDP sekian persen. Saya juga mencoba menerapkan bisnis yang baik di Ecodoe. Misalnya dengan memberikan subsidi daycare bagi yang sudah berkeluarga, baik itu bapak maupun ibu. Kami implementasikan itu sejak 2020. Itu yang jadi shifting kami terkait gender lens.” (Jek/M-4)

 

 

Biodata:

Nama: Larasati Widyaputri

 

Jabatan: Pendiri dan CEO Ecodoe

Pendidikan: Sarjana Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan IPB

 

-------

Ecodoe

 

Platform digital pengadaan B2B yang menghubungkan UMKM.

 

Penghargaan:

- Telkomsel Innovation Center (TINC) 2020, mendapat pendanaan Rp1 miliar

 

- Social Impact Prize DBS Foundation & Singapore International Foundation (2019)

 

- USAID & SwissContact Business Support (2019 - 2020)

 

- She Loves Tech Indonesia x ANGIN (2019)

 

- The Best Business Roadmap Kemenristekdikti (2018-2019)

 

-Partnership Winner CSR Bank Mandiri Syariah (2018-2023)

 

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Keran Ekspor CPO Kembali Dibuka, Legislator Apresiasi Langkah Pemerintah

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:41 WIB
"Saya melihat presiden peduli terhadap 17 juta pertani sawit dan dia merasakan petani menderita dengan larangan ekspor ini yang...
Dok. MPMX

Tumbuh 208%, MPMX Bagikan Dividen Rp800 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:38 WIB
MPMX mencatatkan hasil yang baik dengan Laba Bersih (NPAT) sebesar Rp412 miliar pada 2021, mengalami kenaikan signifikan sebesar...
Ist

SKK Migas dan KKKS Fasilitasi Pertemuan Stakeholder Industri Hulu Migas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:24 WIB
SKK Migas terus mendorong peran industri nasional maupun lokal di seluruh pelaksanaan aktivitas industri hulu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya