Selasa 08 Februari 2022, 21:05 WIB

Morgan Stanley: Ekonomi Indonesia Tumbuh Lampaui Perkiraan

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Morgan Stanley: Ekonomi Indonesia Tumbuh Lampaui Perkiraan

Antara/Aprillio Akbar.
Pekerja melakukan bongkar muat tepung di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Senin (7/2/2022).

 

PERUSAHAAN bank investasi dan jasa keuangan multinasional asal Amerika Serikat Morgan Stanley mengakui pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan IV dan sepanjang 2021 melampaui prakiraan. Dalam rilis riset teranyarnya, ekonomi Indonesia dinilai memiliki prospek yang positif.

"PDB (produk domestik bruto) pada triwulan IV 2021 di Indonesia meningkat menjadi 5,0% (year on year/yoy) di atas ekspektasi dan konsensus Morgan Stanley pada 4,5% (yoy) hingga 4,8% (yoy)," tulis ekonom Morgan Stanley Deyi Tan dan Louise Loo, Selasa (8/2). Dengan angka pertumbuhan triwulan IV 2021, Morgan Stanley menghitung ekonomi Indonesia sepanjang 2021 tumbuh 3,7%. 

Angka itu lebih tinggi 0,1% dari proyeksi yang dirilis pada November 2021. Ketika itu ekonomi Indonesia ditaksir akan tumbuh 3,6%.

Sedangkan di 2022, Morgan Stanley melihat posisi ASEAN relatif lebih baik dibandingkan Asia Utara. Secara khusus di wilayah ASEAN, Indonesia diperkirakan akan menjadi yang paling baik pertumbuhan ekonominya. "Kami paling positif terhadap perekonomian Indonesia dan melihat pertumbuhan PDB sebesar 5,6% (yoy)," jelas Tan dan Loo.

Baca juga: Presidensi G20 Indonesia Membuka Ruang-ruang Kebijakan untuk Negara Berkembang

Morgan Stanley juga berharap dampak gelombang omikron akan terbatas di Indonesia. Sebab, telah ada peningkatan vaksinasi dan adaptasi sektor swasta terhadap kenormalan baru dari pandemi. Selain itu, status ekspor komoditas Indonesia juga menawarkan perlindungan terhadap stagflasi karena manfaat dari persyaratan perdagangan komoditas yang positif. (OL-14)

Baca Juga

Setpres

Program Bantalan Sosial Jokowi Dinilai Mampu Jaga Daya Beli Masyarakat di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 14:38 WIB
Pemerintahan Presiden Jokowi sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar Rp24,17 triliun untuk dialokasikan sebagai bantalan...
Antara

Penghitungan Garis Kemiskinan tidak Harus Sama dengan Bank Dunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 29 September 2022, 13:43 WIB
Bank Dunia akan menggunakan metode penghitungan baru untuk mengukur tingkat kemiskinan. Sebelumnya, metode yang digunakan ialah...
Antara

Perluas Kerja Sama Transisi Energi, Suharso Monoarfa Terima Menteri Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 13:38 WIB
Kedua belah negara melalui hibah untuk mempromosikan pembangunan rendah karbon yang terdiri dari studi tentang efisensi energi pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya