Rabu 26 Januari 2022, 11:15 WIB

ESDM : 2022, Kebutuhan Batu Bara Dalam Negeri Dipatok 166 Juta Ton

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
ESDM : 2022, Kebutuhan Batu Bara Dalam Negeri Dipatok 166 Juta Ton

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Batu bara.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial memastikan ada peningkatan jumlah pemanfaatan batu bara untuk kepenuhan dalam negeri di tahun ini.

Di 2021, produksi batu bara dalam negeri mencapai 614 juta ton dengan terealisasi 133 juta ton untuk dalam negeri.

"Dari sisi pemanfaatan batu bara, pada 2021 produksi telah mencapai 133 juta ton dari sisi kebutuhan dalam negeri. Ini akan meningkat menjadi 166 juta ton di 2022 dengan mengutamakan kepentingan dalam negeri," jelasnya dalam webinar Indonesia Economic Outlook 2022, Rabu (26/1).

Batu bara yang diproduksi sebagian besar dikonversi menjadi tenaga listrik. Selain itu juga digunakan untuk industri dan rumah tangga.

Ego menambahkan, pemanfaatan batu bara harus memerhatikan isu lingkungan, seperti tingginya emisi karbon yang dihasilkan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan bakal berdampak ke lingkungan jika tidak dilakukan kaedah pertambangan yang baik.

Di satu sisi, Sekjen ESDM mengatakan, pemerintah mendorong hilirisasi batu bara dengan mengganti Liquified Petroleum Gas (LPG) dengan Dimethyl Ether (DME).

"Untuk merealisasikan hilirisasi batu bara, baru saja kemarin Bapak Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking proyek DME di Tanjung Enim, Sumatera Selatan," jelas Ego.

Sebelumnya, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menerangkan, pembangunan industri hilir batu bara di Kabupaten Muara Enim, merupakan investasi terbesar kedua yang melibatkan perusahaan asal Amerika Serikat (AS).

Untuk tahap awal, proyek yang digawangi Air Products and Chemicals Inc., PT Pertamina dan PT Bukit Asam itu diproyeksikan akan menghabiskan biaya Rp33 triliun.

"Ini investasi cukup besar. Investasi kedua terbesar setelah Freeport untuk tahun ini," ucap Bahlil memberi laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara groundbreaking proyek hilirisasi batu bara di Muara Enim, Sumatra Selatan, Senin (24/1). (OL-12)

Baca Juga

Ist

Sandiaga Uno Ajak UMKM Berkolaborasi dengan Platform E-commerce

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 08:14 WIB
Pelaku UMKM diminta berkolaborasi dengan platform digital agar dapat semakin menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi, dan...
MI/HO

Mendag Sebut Harga Komoditas Tinggi Peluang bagi Investasi dan Inovasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:11 WIB
“Ini bagian dari oprtunity. Harga komoditas tinggi ini menyebabkan banyak investasi dan inovasi untuk menciptakan nilai tambah bagi...
MI/ Susanto

Kemenkeu: Kondisi Utang Indonesia Lebih Baik dari Negara Lain

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:57 WIB
Selain itu, rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga disebut masih berada di bawah batas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya