Kamis 30 Desember 2021, 23:00 WIB

ISPE 2022 Ajang Sosialisasi Konsep Sustainable Procurement

mediaindonesia.com | Ekonomi
ISPE 2022 Ajang Sosialisasi Konsep Sustainable Procurement

dok: AKEN
Penandatangan kerjasama beberapa pihak inisiator dan pelaksana ISPE 2022, Kamis (30/12)

 

Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2022 akan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Bali pada 31 Maret-1 April 2022. Event ini bertujuan mengenalkan kepada stakeholder terkait dan masyarakat, mengenai Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan  Menengah) dengan konsep Sustainable Procurement (pengadaan berkelanjutan). Kegiatan ini sekaligus membantu pemerintah menghidupkan kembali dan memajukan Industri Pengadaan Barang dan Jasa dan UMKM yang terdampak selama masa pandemi. 

Peluncuran (pengumuman resmi) ISPE 2022 dan penandatangan kerjasama beberapa pihak inisiator dan pelaksana (ISPE 2022, dilakukan Kamis (30/12), yang melibatkan antara lain AKEN (Asosiasi Katalog Elektronik Nasional), LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional), APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), serta KREEN selaku pelaksana kegiatan serta Raja Travel sebagai Official Travel Partner.

ISPE 2022 ini merujuk pada sebuah inisiatif global yang dimotori oleh Perserikatan Bangsa  Bangsa (PBB) dalam dekade terakhir yaitu Sustainable Development Goals (SDG) 2030 untuk menghilangkan  kemiskinan, menjamin kesetaraan dan mengurangi efek dari pemanasan global untuk melindungi pemenuhan kebutuhan untuk generasi mendatang.

Sekertaris Jendral AKEN, Budi Pramana Ginting mengatakan  Pengadaan Berkelanjutan (Sustainable Procurement) adalah program praktik pengadaan yang menimbulkan dampak positif untuk Lingkungan Sosial dan Ekonomi dan Sustainable Procurement sudah memiliki standar ISO 20400:2017. Di sektor pemerintah program ini dikenal dengan Sustainable Public Procurement (SPP). “Tujuan Pengadaan Berkelanjutan ini untuk memaksimalkan Value for Money dengan memasukan 3 kriteria  yaitu Ekonomi, Aspek Sosial dan Lingkungan Hidup dalam proses pengadaan barang/jasa” tegas Budi. (E-1)

Baca Juga

Antara

Boom Comodity Bantu Kinerja Bank

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:32 WIB
Kenaikan harga komoditas tersebut turut menyebabkan kualitas kredit perbankan pada sektor tersebut juga mulai...
DOK KEMENDES PDTT

Gus Halim Cek Langsung Kabel Fiber Optik Milik BUM Desa Bolali Maju yang Dipersoalkan PT KAI

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:30 WIB
Gus Halim heran sebab yang melintasi property PT KAI ternyata tidak hanya fiber optik milik BUM Desa Bolali tetapi juga ada kabel PLN....
dok.Ant

Minyak Kembali Menguat Setelah Merugi Dua Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:05 WIB
HARGA minyak rebound dari kerugian dua hari dalam sesi yang bergejolak pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya