Jumat 10 Desember 2021, 17:22 WIB

Penandatanganan Nota Kesepakatan Sarinah dan BRI untuk Program Sarinah Pandu

mediaindonesia.com | Ekonomi
Penandatanganan Nota Kesepakatan Sarinah dan BRI untuk Program Sarinah Pandu

Ist/Sarinah
Kegiatan Jakarta Content Week yang digelar Sarinah, BUMN yang bergerak di bidang ritel modern.

 

PADA Kamis (9/12) telah ditandatangani nota kesepahaman kolaborasi Program Sarinah Pandu dengan BRI. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan keunggulan kewirausahaan UMKM, terutama terkait dengan pemberdayaan perempuan.

Program Sarinah Pandu Bersama BRI adalah kerja sama perdana, dengan prinsip memaksimalkan jaringan dan keahlian BRI serta fasilitas yang sudah tersedia khususnya dalam naungan Rumah BUMN (RB).

BRI yang memang sudah khatam dengan urusan peningkatan kapasitas Peningkatan UMKM sangat bermakna bagi Sarinah yang memang visinya menumbuhkembangkan UMKM dan produk unggulan nasional agar naik kelas menjadi kualitas ekspor.

Pada Kamis (9/12) juga dibahas tentang partisipasi kedua belah pihak dalam mendukung SDGs (Sustainable Development Goals) dan Pemberdayaan Perempuan, yang salah satu narasumber, Ibu Aparna (SDGs Practitioner & Slow-fashion Champion) menyampaikan tentang slow fashion.

Aparna menjelaskan bagaimana busana ikonik nasional dapat di produksi dan dipasarkan dengan prinsip ramah lingkungan.

Sementara itu narasumber lain Ermil Thabrani (Kolaborator Sarinah Pandu), menjelaskan dan menjabarkan apa saja pelayanan dalam Program Sarinah Pandu yang berupa pembelajaran, pendampingan, dan termasuk menyiapkan UMKM untuk memperoleh proteksi merek dagang.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengharapkan agar BRI dan UMKM rujukannya dapat bergabung dengan tenant Sarinah yang sudah terkurasi dalam memanfaatkan Program Sarinah Pandu. Program ini dijadwalkan untuk diluncurkan sebelum akhir tahun 2021.

Sementara itu, Endah Nurhayati, Executive Vice President Social Enterpreneurship & Incubation Division BRI, menegaskan sebagai bank yang akrab dengan UMKM, BRI tidak saja hanya berfungsi sebagai intermediary produk keuangan perbankan namun juga memiliki kapasitas yang dapat mendorong UMKM masuk kepasar digital melalui LINK UMKM. 

Peluncuran perdana program ini adalah salah satu bentuk Transformasi Sarinah dan program unggulan dalam Event Sarinah Jaktent 2021 serta program road to grand launch Sarinah yang dijadwalkan pada bulan Maret Tahun 2022.

Sarinah Jaktent 2021 ini telah berlangsung sejak 1 Desember sampai dengan 12 Desember 2021 dan sarat dengan berbagai program literasi, kreativitas serta business matching yang telah dihadiri oleh ratusan stakeholder khususnya dari sektor ekonomi kreatif, retail dan produk artisan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penyelenggara Jakarta Content Week 

Yayasan 17000 Pulau Imaji adalah organisasi nirlaba yang bekerja untuk meningkatkan kualitas literasi dan konten kreatif di Indonesia, menginisiasi dan mengorganisir berbagai program edukatif dan inspiratif yang menodorong terciptanya ekosistem literasi berkesinambungan.

Selain itu, organisasi juga mengupayakan produk literasi bermutu, mempermudah masyarakat mengakses bacaan beragam, serta meningkatkan peran literasi Indonesia dalam perkembangan isu dunia, dengan berkolaborasi bersama pelaku perbukuan, pemerintah, korporasi swasta, serta komunitas masyarakat. 

Frankfurter Buchmesse (Frankfurt Book Fair) adalah pasar terbesar dunia untuk penerbitan internasional dan industri kreatif. FBF dianggap sebagai acara paling penting di dunia untuk transaksi internasional dan perdagangan untuk buku dan konten dari semua jenis.

PT Sarinah (Persero) adalah merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang hadir sebagai wadah industri kreatif di Tanah Air menampilkan karya-karya terbaik. Didirikan berdasarkan Akta Nomor 33 tanggal 17 Agustus 1962 dengan nama PT Department Store Indonesia. Sarinah merupakan pelopor bisnis ritel modern di Indonesia.

Mengemban amanat Presiden Soekarno bahwa Sarinah harus menjadi pusat perdagangan dan promosi barang-barang produksi dalam negeri, terutama hasil pertanian dan perindustrian rakyat, hingga saat ini Sarinah terus menjunjung tinggi komitmennya untuk mendukung kemajuan produk-produk usaha kecil, menengah, dan koperasi. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

Dok. Kementan

Mentan SYL Dorong Petani Beradaptasi dengan Tantangan Alam

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:21 WIB
Menurutnya, TOT mengenai praktik pertanian ramah lingkungan seharusnya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa diimplementasikan di...
Dok. BNI

HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:51 WIB
Pelaksanaan akad massal dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pengembang rumah subsidi dan...
Ist

Pekerja Bukan Penerima Upah Diharap Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:35 WIB
Mulai dari sopir angkutan, pemilik warung, petani, dan pelaku UMKM bisa mengikuti program Bukan Penerima Upah (BPU) diharapkan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya