Rabu 01 Desember 2021, 20:38 WIB

Presiden: Melalui Presidensi G20, Indonesia akan Bawa Dunia ke Arah Lebih Baik 

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Melalui Presidensi G20, Indonesia akan Bawa Dunia ke Arah Lebih Baik 

Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDENSI G20 adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar dalam membawa dunia ke arah yang lebih baik. 

Indonesia akan membuktikan komitmen-komitmen yang selama ini disampaikan, yakni berperan dalam memulihkan ekonomi global, membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. 

Semua hal itu disematkan dalam satu tema besar yang bertajuk 'Recover Together, Recover Stronger'. 

Demikian ditekankan Presiden Joko Widodo dalam G20 Indonesia Presidency Opening Ceremony, Rabu (1/12). 

Kepala negara memastikan, Presidensi Indonesia di G20 tidak hanya akan sebatas seremonial belaka. 

Pemerintah akan mendorong negara-negara anggota untuk melakukan aksi-aksi nyata, menghasilkan terobosan-terobosan besar untuk pembangunan dunia. 

"Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari pembangunan," ujar Jokowi. 

Baca juga : Pimpinan MPR Minta Sri Mulyani Dipecat, Istana Buka Suara

Selain itu, Presidensi Indonesia juga akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. 

Indonesia akan berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil, memperkuat solidaritas mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. 

"Kita akan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin. Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan semangat solidaritas," tegas mantan wali kota Solo itu. 

Indonesia juga akan berupaya keras untuk menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat, sebagaimana tema yang diusung, 'Recover Together, Recover Stronger'. 

Menutup pidatonya, Jokowi mengundang para delegasi anggota G20 untuk datang ke Tanah Air dan melihat keindahan alam yang terhampar luas, menyaksikan keunikan keragaman budaya dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia. 

"Kami akan menyambut Bapak dan Ibu semua dengan kegembiraan dan tangan terbuka. Selamat datang di Indonesia," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Erick Thohir Ingin Tingkatkan Devisa Melalui Ekspor Listrik

👤Widhoroso 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:57 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir melihat peluang baru untuk ekspansi layanan PLN. Erick ingin PLN meningkatkan skala bisnis bukan hanya domestik...
ANTARA/YUSUF NUGROHO

KPPU Endus Adanya Kartel dari Kenaikan Harga Minyak Goreng 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:53 WIB
"Kompak naiknya ini harga minyak goreng. Ini yang saya katakan ada sinyal terjadinya kesepakatan harga. Tapi ini secara hukum harus...
MI/Panca Syurkani.

Bank Indonesia Benarkan Alami Serangan Siber pada Desember

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:44 WIB
Dark Tracer, platform intelijen dark web, menyebut bahwa Bank Indonesia telah menjadi korban peretasan geng ransomware bernama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya