Selasa 30 November 2021, 15:54 WIB

Presiden: Stok Beras Aman, tidak Ada Impor

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden: Stok Beras Aman, tidak Ada Impor

ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Pekerja memanggul karung berisi beras saat proses pembongkaran di gudang Perum Bulog Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (26/3/2021)

 

PRESIDEN Joko Widodo memastikan stok beras di Tanah Air dalam kondisi cukup. Itu ditandai dengan jumlah produksi yang aman dan harga yang stabil, baik di tingkat petani maupun konsumen.

"Kita tahu bahwa tahun ini, sampai hari ini, kita belum melakukan impor beras sama sekali. Kenyataannya memang stok kita masih pada posisi yang sangat baik," ujar Jokowi usai menanam padi bersama para petani di Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11).

Baca juga: Pakar UGM Yakini Virus Korona akan Terus Bermutasi

Capaian positif tersebut merupakan hasil nyata dari masifnya pembangunan bendungan di Indonesia karena ketersediaan air terjamin, para petani bisa melakukan klegiatan tanam dengan baik.

"Saya rasa ini ada sebuah tambahan produktivitas dari petani karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai kelihatan hasilnya, total produksi di seluruh tanah air ini menjadi merangkak naik," tutur mantan wali kota Solo itu.

Khusus di Jawa Timur, terutama di Trenggalek yang baru saja mendapat satu bendungan baru, presiden berharap produksi padi juga bisa terus menanjak.

Dari yang semula panen padi hanya dua kali dalam setahun, ke depan, tuaian harus bisa ditingkatkan menjadi tiga kali.

Keberadan infrastruktur air itu, sambungnya, harus dapat dimanfaatkan sebaiknya-baiknya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, air akan mengalir sampai ke sawah-sawah di sini, akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali, sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," ucap Jokowi. (OL-6)

Baca Juga

Istimewa

Makanan Ringan Bergambar Kaesang, Dirut Garuda : Ini Kesalahan, Bukan Promosi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 18 Januari 2022, 10:14 WIB
Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra buka suara soal makanan ringan bergambar ilustrasi Kaesang Pangarep yang berada di...
Ilustrasi

Customer Next 2022, Inisiatif Doxadigital dan Freshworks Bantu Bisnis Berfokus pada Pelanggan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:43 WIB
Doxadigital ingin mengedukasi pebisnis dan pemasar tentang pentingnya kampanye pemasaran berbasis digital yang berfokus pada pengalaman...
ANTARA/M Agung Rajasa

Anda Kini Bisa Pesan Taksi Bluebird di Aplikasi BCA Mobile

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 09:30 WIB
Pengguna BCA mobile dapat memesan taksi Bluebird dengan klik fitur Lifestyle pada aplikasi, kemudian klik menu Taksi serta masukkan lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya