Selasa 03 Agustus 2021, 18:52 WIB

WOM Finance Fokus Digitalisasi untuk Genjot Kinerja di Tengah Pandemi

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
WOM Finance Fokus Digitalisasi untuk Genjot Kinerja di Tengah Pandemi

Dok. WOM Finaance
Layanan digital WOM Finance

 

PANDEMI Covid-19 mengubah gaya hidup masyarakat dengan pemanfaatan teknologi informasi yang semakin masif. Hal itu pun menjadi perhatian perusahaan pembiayaan PT Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance) selama pandemi Covid-19.

Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sukandar mengungkapkan, WOM Finance telah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Blibli, Bukalapak, Shopee, Gobills dan Tokopedia untuk kemudahan konsumen melakukan transaksi pembayaran angsuran serta transaksi digital melalui QRIS (Quick Respon Code Indonesian Standard).

"“Terjadinya Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 telah mengubah kebiasaan kita semua untuk bertransformasi pada digitalisasi dalam banyak hal, termasuk dalam bisnis dan operasional WOM Finance," kata Djaja dalam keterangannya.

Dengan menerapkan digitalisasi, Djaja optimistis kinerja WOM Finance akan semakin moncer di Sementer II-2021. Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah inovasi solusi keuangan untuk mendukung kinerja WOM Finance. 

Sementara itu, pada Semester I-2021, WOM Finance tercatat menyalurkan pembiayaan hingga Rp1,8 Triliun atau  naik 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau mencapai 94 ribu unit. Total Aset Perseroan pada bulan Juni tahun 2021 mengalami penurunan sebesar 13% menjadi Rp 4,6 triliun dibandingkan bulan Desember 2020.

Baca juga : Kembali Menduduki Peringkat I MDRT, Prudential Siap Berinovasi

Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja mengatakan, penurunan aset terjadi karena penurunan pinjaman bank dan obligasi yang diiringi dengan penurunan kas Perseroan sebesar 71%, di sisi lain gearing ratio dapat dipertahankan di level 2,1 kali di bulan Juni 2021.

Total Ekuitas Perseroan pada bulan Juni 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 4% mencapai Rp 1,3 triliun dibandingkan bulan Desember 2020. Atas kinerja tersebut, WOM Finance berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 50 miliar di enam bulan pertama di tahun 2021 atau mengalami penurunan sebesar 13% dari periode yang sama tahun lalu. 

Return on Asset (ROA) Perseroan mengalami perbaikan mencapai 2,7% dibandingkan tahun lalu sebesar 1,9%, sedangkan Return on Equity (ROE) Perseroan mencapai 8,0% pada bulan Juni 2021.

”Penurunan laba ini terjadi karena total pendapatan mengalami penurunan sebesar 33% akan tetapi biaya-biaya mengalami penurunan yang lebih tinggi sebesar 34% dengan perbaikan kualitas portofolio dan efisiensi atas biaya pendanaan serta biaya operasional. Pembentukan cadangan kerugian penurunan nilai turun sebesar 53% dan biaya pendanaan turun sebesar 47% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” tambah Zacharia.

Kualitas portofolio pembiayaan mengalami perbaikan dengan Net Performing Financing (NPF) gross mencapai 2,1% di bulan Juni 2021, membaik dari bulan Desember 2020 sebesar 2,7%. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

Gaikindo Sambut Baik Perpanjangan Diskon PPnBM Sampai Akhir Tahun 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 19 September 2021, 23:00 WIB
Menurut Jongkie, penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara bertahap di tengah dukungan pemerintah terhadap industri...
Ist

Balai Penyuluhan Pertanian Tonggak Pembangunan Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 22:39 WIB
Kementan memaksimalkan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang ada di level...
DOK KEMENTAN

Teknis Pengendalian OPT Ramah Lingkungan di Kampung Cabai

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 20:25 WIB
Yareli dan Kelompok Juli Tani mengantisipasi virus dengan pemilihan bibit yang berkualitas, pemasangan mulsa hitam, persiapan tanaman serta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya