Jumat 19 Maret 2021, 22:30 WIB

Gandeng E-Commerce, Mendag Bikin Aturan Cegah Predatory Pricing

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Gandeng E-Commerce, Mendag Bikin Aturan Cegah Predatory Pricing

Antara/Yulius Satria Wijaya
Warga mengakses situs e-commerce

 

MENTERI Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan, dalam waktu dekat aturan mengenai pencegahan predatory pricing dalam praktik perdagangan e-commerce akan diterbitkan.

Pihaknya pun akan melibatkan perusahaan-perusahaan e-commerce untuk mendengar masukan mereka, sebelum akhirnya aturan itu dikeluarkan. 

"Rancangan (aturan) sudah hampir jadi. Minggu depan, kalau enggak akhir Maret atau awal April sebelum puasa, kami akan memanggil pemain tersebut (perusahaan e-commerce)," kata Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (19/3).

Aturan tersebut, kata Lutfi, tengah dimatangkan dengan kementerian lainnya. Diharapkan dengan adanya aturan tersebut, perusahaan e-commerce tidak lagi sembarangan memberi potongan harga atau diskon besar-besaran. 

Hal tersebut dinilai dapat merugikan UMKM dalam penjualan produk di platform digital.

Baca juga : Program Rewards Bentuk Apresiasi bagi Pelanggan

Lutfi juga menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan ke para stakeholder, termasuk perusahaan e-commerce dari mancanegara seperti Shoppe dan Lazada, di mana Indonesia dikatakan mempunyai marketplace yang equal atau setara, antara perusahaan besar dan kecil, seperti UMKM di platform digital.

"Saya minta mereka (perusahaan e-commerce) bahwa marketplace Indonesia adalah yang adil. Karena marketplace yang adil, mudah-mudahan perdagangannya membawa manfaat," jelas Lutfi.

Dia mengaku, sebagai Menteri Perdagangan akan berupaya Adil terhadap semua pihak dalam menjalankan roda perdagangan. 

"Secara filosofi kita akan jaga, yaitu perdagangan yang adil dan bermafaat. Artinya, kalau enggak adil saya akan atur. Kalau yang asing makan yang lokal, saya akan atur. Kalau yang lokal injek pedagang UMKM saya akan atur," pungkas Lutfi. (OL-7)

Baca Juga

DOK BP BATAM

Wakil Kepala BP Batam Terima Kunjungan Kerja Civil Service College Singapore

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:32 WIB
Mark Low menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja Civil Service College Singapore (CSC) ke BP Batam untuk mempererat hubungan baik antara...
MI/HO

Menko Perekonomian Bertemu CEO Qualcomm Bahas Peluang Investasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:40 WIB
Menko Airlangga menyampaikan perbaikan ekonomi pascapandemi menjadi peluang untuk mentransformasi perekonomian dan berbagai aktivitas...
DOK Pribadi.

Appnindo Minta Insentif untuk Rokok Elektrik seperti Mobil Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:10 WIB
Cukai vape sistem tertutup (closed system) lebih tinggi 13 kali lipat dari sistem terbuka (open system), meski sama-sama menggunakan likuid...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya