Sabtu 27 Februari 2021, 10:51 WIB

Waspada Phishing, Jangan Asal Mengisi Form Elektronik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Waspada Phishing, Jangan Asal Mengisi Form Elektronik

Antara
Petugas mengukur bidang tanah warga melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Ciamis, Jawa Barat, Rabu (24/2).

 

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meminta masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan dengan pengumpulan data pribadi (phishing) dalam mengisi formulir elektronik.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati mengaku pihaknya mendapat laporan soal formulir elektronik yang berjudul Formulir Pendaftaran Pertanahan Dalam Rangka melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di media sosial.

Menurut Yulia, kemunculan formulir ini mengundang tanya tanya bagi masyarakat, apakah benar Kementerian ATR/BPN melakukan pengumpulan data melalui formulir elektronik tersebut.

Yulia menegaskan, pengumpulan data diri serta data pertanahan melalui form elektronik tersebut tidak benar. Ia mengimbau masyarakat untuk hati-hati dalam membagikan informasi pribadinya kepada pihak yang tidak dikenal baik.

"Kepada masyarakat luas agar mewaspadai adanya pishing melalui formulir elektronik bukan berasal dari laman atau situs resmi pemerintah," ujar Yulia dalam keterangannya, Sabtu (27/2).

Dia menjelaskan, modus yang digunakan pada phishing ini adalah menyediakan formulir untuk suatu layanan atau pelaksanaan program pemerintah dengan mengumpulkan data yang bersifat pribadi dengan menggunakan formulir online atau situ web dengan domain selain domain.go.id (domain pemerintah).

Pada kesempatan ini, Yulia juga mengatakan bahwa layanan elektronik pada Kementerian ATR/BPN dilaksanakan melalui situs resmi Kementerian.

"Kami pastikan layanan elektronik pertanahan atau tata ruang diakses melalui domain atrbpn.go.id," pungkas Yulia. (E-3)

Baca Juga

MI/Panca Syurkani.

Biznet Hadirkan Promo Spesial untuk Pelanggan Biznet Home

👤Ihfa Firdausya 🕔Selasa 13 April 2021, 20:28 WIB
Melalui promo ini, pelanggan akan mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah grand prize berupa uang tunai jutaan...
Thinkstock

Kopi Indonesia Berpotensi Raih Transaksi US$10 Ribu di LA

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 20:11 WIB
Acara ini diselenggarakan Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center Los Angeles (ITPC...
AFP/Ina Fassbender

Harga Bitcoin Kembali Melambung Jadi Rp919 Juta     

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 19:52 WIB
Mata uang cryptocurrency atau kripto yang terdaftar di Bursa AS, Nasdaq, dianggap sebagai kemenangan penting bagi pendukung mata uang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya