Minggu 08 November 2020, 21:42 WIB

Proyek PLTS Morotai Dukung Kawasan Ekonomi Khusus

Syarief Oebaidillah | Ekonomi
Proyek PLTS Morotai Dukung Kawasan Ekonomi Khusus

Ilustrasi
PLTS Morotai

 

PROYEK pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara saat ini tengah dilakukan feasibility study ( studi layak bisnis).

Studi kelayakan tersebut merupakan tindaklanjut dari MoU antara Jababeka Morotai dengan Kyudenko Corporation, beberapa hari lalu.

Menurut Studi Direktur Utama PT. Jababeka Morotai (pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Marotai) Basuri Tjahaja Purnama, kelayakan tersebut meliputi studi lingkungan, survei tanah, kajian teknis implementasi PLTS dan lain-lain.

Basuri juga menjelaskan, tujuan pengembangan PLTS ini untuk membantu kebutuhan listrik di Pulau Morotai yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis di KEK Morotai baik untuk di Kawasan Industri dan Kawasan Pariwisata.

Baca juga : Perlu Perubahan Strategi Ekosistem Ekonomi Terintegrasi

‘’Ini juga untuk meminimalkan biaya konsumsi listrik sehingga investor bisa lebih kompetitif dalam menjalankan usahanya,’’ kata Basuri, kemarin.

Sementara itu, Nagayama dari Kyudenko Corporation berharap setelah hasil feasibility study ( studi layak bisnis) dan kajian dilakukan, tahun 2021 bisa segera dilakukan ke tahap selanjutnya yaitu memproses perizinan dan memulai konstruksi pembangunan dan pengembangan PLTS.

Masing-masing pihak, yaitu Jababeka Morotai —yang merupakan salah satu anak usaha Jababeka Group, Kyudenko Corporation dan Santomo Resources Indonesia sangat optimis bahwa kerja sama ini akan menguntungkan semua pihak terutama mempercepat pembangunan di KEK Morotai.

Di KEK Morotai akan dibangun proyek perumahan dan resort dengan tema kastil serta international theme park juga mendukung pertumbuhan kawasan industri sebagai pusat maritim dan logistik di Indonesia Timur. Selain itu sedang dijajaki juga untuk bekerja sama di bidang pengolahan perikanan tangkap dan budi daya industri perkapalan serta agrobisnis. ( RO/OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya