Minggu 08 November 2020, 21:42 WIB

Proyek PLTS Morotai Dukung Kawasan Ekonomi Khusus

Syarief Oebaidillah | Ekonomi
Proyek PLTS Morotai Dukung Kawasan Ekonomi Khusus

Ilustrasi
PLTS Morotai

 

PROYEK pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara saat ini tengah dilakukan feasibility study ( studi layak bisnis).

Studi kelayakan tersebut merupakan tindaklanjut dari MoU antara Jababeka Morotai dengan Kyudenko Corporation, beberapa hari lalu.

Menurut Studi Direktur Utama PT. Jababeka Morotai (pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Marotai) Basuri Tjahaja Purnama, kelayakan tersebut meliputi studi lingkungan, survei tanah, kajian teknis implementasi PLTS dan lain-lain.

Basuri juga menjelaskan, tujuan pengembangan PLTS ini untuk membantu kebutuhan listrik di Pulau Morotai yang semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan bisnis di KEK Morotai baik untuk di Kawasan Industri dan Kawasan Pariwisata.

Baca juga : Perlu Perubahan Strategi Ekosistem Ekonomi Terintegrasi

‘’Ini juga untuk meminimalkan biaya konsumsi listrik sehingga investor bisa lebih kompetitif dalam menjalankan usahanya,’’ kata Basuri, kemarin.

Sementara itu, Nagayama dari Kyudenko Corporation berharap setelah hasil feasibility study ( studi layak bisnis) dan kajian dilakukan, tahun 2021 bisa segera dilakukan ke tahap selanjutnya yaitu memproses perizinan dan memulai konstruksi pembangunan dan pengembangan PLTS.

Masing-masing pihak, yaitu Jababeka Morotai —yang merupakan salah satu anak usaha Jababeka Group, Kyudenko Corporation dan Santomo Resources Indonesia sangat optimis bahwa kerja sama ini akan menguntungkan semua pihak terutama mempercepat pembangunan di KEK Morotai.

Di KEK Morotai akan dibangun proyek perumahan dan resort dengan tema kastil serta international theme park juga mendukung pertumbuhan kawasan industri sebagai pusat maritim dan logistik di Indonesia Timur. Selain itu sedang dijajaki juga untuk bekerja sama di bidang pengolahan perikanan tangkap dan budi daya industri perkapalan serta agrobisnis. ( RO/OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Menkominfo Minta Kadin Ikut Akselerasi Peta Jalan Indonesia Digital

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 17:12 WIB
“Kita mendorong bagaimana KADIN ikut bersama-sama dengan program Pemerintah, salah satu program Pemerintah yang penting adalah...
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Wapres: Tingkat Kesejahteraan Rakyat Indonesia Masih Timpang

👤Emir Chairullah 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:43 WIB
Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, Wapres menyebutkan hanya 21,9%...
Dok. Kemenkominfo

Dukung Digitalisasi Ekonomi Syariah, Kemenkominfo Siapkan Infrastruktur TIK

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:14 WIB
Johnny menyatakan keberadaan teknologi digital mendorong peningkatan keuangan sosial...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya