Jumat 05 April 2019, 20:45 WIB

Peran IKM Harus Besar di Sektor Industri Perhiasan

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Peran IKM Harus Besar di Sektor Industri Perhiasan

BAYU ANGGORO/MI
Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

 

Industri perhiasan merupakan salah satu sektor andalan bagi perekonomian nasional lantaran memiliki kontribusi besar dalam kegiatan ekspor.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat nilai ekspor produk perhiasan Indonesia mencapai US$2,05 miliar sepanjang 2018. Singapura, Swiss, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab menjadi negara-negara tujuan utama.

Saat ini, Indonesia menempati peringkat kesembilan dunia sebagai eksportir perhiasan dengan pangsa pasar lebih dari 4%.

Melihat potensi yang sangat baik itu, Kemenperin mendorong industri kecil dan menengah (IKM) untuk turut serta terlibat lebih banyak di dalam sektor tersebut.

"Kami ingin pelaku IKM perhiasan nasional ikut terlibat dalam pameran-pameran yang berskala internasional. Salah satunya pada ajang Jakarta International Jewellery Fair 2019 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perhiasan Emas dan Permata Indonesai (APEPI) pada tanggal 4-7 April 2019 di Jakarta Convention Center," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih melalui keterangan resmi, Jumat (5/4).

Baca juga: Pameran Perhiasan Selalu Diburu Konsumen

Dengan mengikuti pameran bertaraf internasional, para pelaku usaha akan bertemu dengan para pembeli-pembeli potensial dari berbagai negara sehingga peluang untuk membuka akses pasar yang lebih besar menjadi terbuka lebar.

Kemenperin sendiri memfasilitasi 30 IKM perhiasan yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, Mataram, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Selatan, Martapura, Demak, Bandung, Bogor, Banten, Aceh, Solo, Papua Barat, Bengkulu dan Jakarta.

Ia pun optimistis, dengan gencarnya kegiatan promosi secara offline, penjualan dan ekspor akan terdongkrak naik. (OL-7)

Baca Juga

Dok Pelni

Muatan Kapal Penumpang Pelni Tumbuh Jadi 106% di Triwulan I 2021

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:39 WIB
Selain itu, Pelni juga mencatatkan pertumbuhan pada muatan kontainer kapal tol laut perusahaan yang tumbuh signifikan menjadi...
dok.pribadi

Peluang ekspor Indonesia Terbuka Lebar di Filipina

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:31 WIB
POTENSI ekspor Indonesia ke Filipina masih terbuka lebar, karena itu sudah saatnya pelaku bisnis tanah air meraih kesempatan...
Twitter @kangdede78

Pelni Bantah Pencopotan Pejabat Akibat Penceramah Radikalisme

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:27 WIB
"Kepada seluruh BUMN, jangan segan-segan mencopot ataupun memecat pegawainya yang terlibat radikalisme. Jangan beri ruang sedikit pun,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya