Rabu 13 Maret 2019, 13:01 WIB

Pertumbuhan Ekonomi 2019 akan Terhambat akibat Perlambatan Global

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi 2019 akan Terhambat akibat Perlambatan Global

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

PERLAMBATAN pertumbuhan ekonomi global menjadi salah satu fokus utama pasar di 2019 dan kembali mengemuka di awal Maret ini. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia menyebut pertumbuhan ekonomi global tahun ini memang akan melambat.

"Hal ini wajar terjadi, mengingat dampak pendorong pertumbuhan dari reformasi pajak Amerika Serikat tahun lalu akan mulai berkurang," ujar ujar Senior Portfolio Manager-Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Samuel Kesuma, melalui rilis yang diterima, Rabu (13/3).

Selain itu, ketidakpastian perang dagang dan tren kenaikan suku bunga global tahun lalu juga menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini menjadi kejutan bagi pasar di tahun 2018 yang menyebabkan pasar secara global mengalami koreksi.

Baca juga: AS-Tiongkok Bersiap Akhiri Perang Dagang

Tetapi, saat ini, pasar telah menyesuaikan ekspektasinya sehingga risiko kejutan negatif bagi pasar tidak sebesar tahun lalu. Kemudian, di saat ekspektasi sudah terlalu rendah, probabilitas terjadinya kejutan baik akan lebih besar dari berita buruk.

"Sebagai contoh saja, pertumbuhan PDB AS di kuartal IV/ 2018 tercatat sebesar 2,6%, lebih baik dari ekspektasi konsensus di level 2,2%," ungkap Samuel.

Faktor yang dapat mengubah ekspektasi pertumbuhan PDB Global yakni segala faktor yang dapat mendukung perdagangan bebas, mengurangi tarif dagang dan meningkatkan perdagangan global dapat menjadi katalis positif bagi outlook ekonomi global.

Oleh karena itu, hasil negosiasi dagang AS dengan Tiongkok yang positif dapat menjadi sentimen positif bagi pasar. Selain itu, negosiasi Brexit yang lancar dengan proses keluarnya UK dari Uni Eropa secara gradual juga akan menjadi hasil yang disukai oleh pasar.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Wege Bangun PIDI 4.0, Jendela Digitalisasi Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 08:31 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan  Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI...
Antara/Dhemas Reviyanto

Menteri BUMN : Mitratel Terus Lakukan Perbaikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:46 WIB
Mitratel melakukan IPO tidak saja ingin memperkuat keuangan, tapi juga...
dok.ant

Wall Street Bangkit Dari Kerugian akibat Omicron

👤Muhamad Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:15 WIB
SEBUAH reli luas mengirim Wall Street ke penutupan yang lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB (3/12). Memulihkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya