Rabu 13 Maret 2019, 13:01 WIB

Pertumbuhan Ekonomi 2019 akan Terhambat akibat Perlambatan Global

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi 2019 akan Terhambat akibat Perlambatan Global

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

PERLAMBATAN pertumbuhan ekonomi global menjadi salah satu fokus utama pasar di 2019 dan kembali mengemuka di awal Maret ini. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia menyebut pertumbuhan ekonomi global tahun ini memang akan melambat.

"Hal ini wajar terjadi, mengingat dampak pendorong pertumbuhan dari reformasi pajak Amerika Serikat tahun lalu akan mulai berkurang," ujar ujar Senior Portfolio Manager-Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Samuel Kesuma, melalui rilis yang diterima, Rabu (13/3).

Selain itu, ketidakpastian perang dagang dan tren kenaikan suku bunga global tahun lalu juga menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini menjadi kejutan bagi pasar di tahun 2018 yang menyebabkan pasar secara global mengalami koreksi.

Baca juga: AS-Tiongkok Bersiap Akhiri Perang Dagang

Tetapi, saat ini, pasar telah menyesuaikan ekspektasinya sehingga risiko kejutan negatif bagi pasar tidak sebesar tahun lalu. Kemudian, di saat ekspektasi sudah terlalu rendah, probabilitas terjadinya kejutan baik akan lebih besar dari berita buruk.

"Sebagai contoh saja, pertumbuhan PDB AS di kuartal IV/ 2018 tercatat sebesar 2,6%, lebih baik dari ekspektasi konsensus di level 2,2%," ungkap Samuel.

Faktor yang dapat mengubah ekspektasi pertumbuhan PDB Global yakni segala faktor yang dapat mendukung perdagangan bebas, mengurangi tarif dagang dan meningkatkan perdagangan global dapat menjadi katalis positif bagi outlook ekonomi global.

Oleh karena itu, hasil negosiasi dagang AS dengan Tiongkok yang positif dapat menjadi sentimen positif bagi pasar. Selain itu, negosiasi Brexit yang lancar dengan proses keluarnya UK dari Uni Eropa secara gradual juga akan menjadi hasil yang disukai oleh pasar.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

PLN Beberkan Sejumlah Masalah dalam Perdagangan Emisi Karbon 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:58 WIB
"Oleh karena itu, ketentuan mengenai mekanisme implementasi cap, trade and tax dibutuhkan sebagai rujukan bagi PLN sebagai persiapan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Paparkan Strategi Indonesia Wujudkan Ekonomi Hijau di World Economic Forum 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:46 WIB
Menurutnya, laju deforestasi turun signifikan sampai 75 persen pada periode 2019-2020, di angka 115 ribu...
Ist/Kementan

Panen Awal Tahun Bersama Perwakilan FAO, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:02 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa produktivitas padi di Karawang selama ini telah berkontribusi maksimal memperkuat stok beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya