Kamis 09 April 2015, 00:00 WIB

Investor Jepang Kurang Minati Pelabuhan

Anshar Dwi Wibowo | Ekonomi
Investor Jepang Kurang Minati Pelabuhan

ANTARA/Yudhi Mahatma

 
DUTA Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra mengakui investasi di sektor kepelabuhan kurang diminati investor asal Jepang. Termasuk pembangunan Pelabuhan Cilamaya yang akhirnya tidak direalisasikan.

"Trasportasi kereta itu kan cepat mutar duitnya kalau pelabuhan investasi 30 tahun kan juga belum tentu, itu susah," Yusron di Istana Wapres, Jakarta.

Menurutnya, investasi pelabuhan tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada pihak swasta. Harus ada peran pemerintah di dalamnya. Ini pula yang menjadi salah satu alasan investasi di sektor pelabuhan kurang atraktif.

"Nah itu masalahnya. Kan dulu katanya diubah jadi B to B. Kalau B to B susah kubilang, kalau pelabuhan itu enggak mungkin untung. Investasi bidang pelabuhan kurang atraktif bagi Jepang jika secara keseluruhan diserahakan 100% ke swasta tanpa keikutsertaan pemerintah," ucapnya.

Namun, hal sebaliknya berlaku untuk investasi pada kereta api cepat. Menurut Yusron, pihak swasta berminat untuk berinvestasi kereta peluru rute Jakarta-Bandung. Kajian awalnya waktu tempuh bisa sekitar 28 menit dengan tarif sekitar Rp200 ribu. Hal tersebut masuk dalam hitungan bisnis dan perputaran uangnya relatif lebih cepat ketimbang pelabuhan.

"Kalau tranportasi kereta peluru saya yakin," katanya. (Q-1)

Baca Juga

Dok. ASHA

Sehari Melantai di Bursa, Saham ASHA Langsung Naik 35% dan Sentuh ARA 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:03 WIB
Baru saja listing, saham Perseroan sudah menyentuh Auto Reject Atas (ARA) dengan menguat 35 persen atau 35 point di level Rp135 per lembar...
ANTARA

Kemenperin Gandeng JICA Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:00 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pertumbuhan industri otomotif di Tanah...
Dok. Apotek K-24

Apotek K-24 Lakukan Pembukaan 35 Gerai Baru Secara Serentak

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 22:50 WIB
Manajer Operasional Apotek K-24 Endah Eka Yani mengatakan, Apotek K-24 masih terus menargetkan penambahan gerai di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya