Kamis 09 April 2015, 00:00 WIB

Pemotongan Tunjangan Pegawai untuk Pacu Kinerja Pajak

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Pemotongan Tunjangan Pegawai untuk Pacu Kinerja Pajak

ANTARA/Wahyu Putro A

 
RENCANA pemerintah untuk memangkas tunjangan pegawai pajak bila tidak mencapai target penerimaan pajak mulai tahun depan disambut positif oleh pengamat perpajakan Yustinus Prastowo.

"Di Perpres 37 tahun 2015 sudah ada klausulnya akan dipotong tahun depan bila tidak tercapai target. Itu cukup fair, yang penting aturan mainnya jelas, artinya tidak tercapai berapa akan dipotong berapa besar dan yang terpenting itu berimbang di semua level," jelas Prastowo.

Menurutnya, hal tersebut akan memacu kinerja dari para pegawai pajak untuk memberikan kinerja yang baik di tahun ini. Sebab umumnya bila tidak dibuat terget seperti itu akan biasa saja dan selalu akan ada alasan mengapa tidak mencapai target.

Prastowo mengingatkan harus adanya base line yang jelas untuk para pegawai pajak di tahun depan. Selain persoalan pemotongan tunjangan yang harus diperhitungkan betul adalah analisis beban kerja pegawai pajak, sehingga di setiap level akan diketahui secara objektif besaran beban kerjanya.

"Nantinya ketika tergetnya tidak tercapai maka bisa dievaluasi secara fair, jadi hal ini juga sangat penting untuk disusun terkait hal itu," pungkas Prastowo. (Q-1)

Baca Juga

Dok. Bhinneka.com

Bhinneka dan Yayasan Indonesia Setara Perkuat Kolaborasi Lewat Kajian Ekonomi 5

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:25 WIB
Hendrik Tio menjelaskan, Bhinneka hadir sebagai kurator UMKM berkualitas dengan mengkurasi para pelaku UMKM untuk bisa hadir di platform...
Dok. JULO

Kolaborasi JULO dan BukuWarung Perluas Akses Kredit untuk Pembiayaan Modal Usaha 7 Juta UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:39 WIB
Sejak Agustus 2021, JULO bekerja sama dengan BukuWarung memberikan akses kredit digital ke 7 juta UMKM pengguna BukuWarung di...
Dok. Lanxess

Lanxess Gelar Virtual Days Sosialiasi Perkembangan Industri Bahan Kimia Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:30 WIB
Webinar akan digelar dalam berbagai bahasa dengan basis waktu berbeda-beda bagi wilayah Eropa dan Timur Tengah (EMEA), Asia, India, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya