Sabtu 23 Juni 2018, 20:03 WIB

Mudik Tahun Ini, Peminat Angkutan Umum Meningkat

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Mudik Tahun Ini, Peminat Angkutan Umum Meningkat

MI/Bary Fathahilah

 

KEMENTERIAN Perhubungan akan mengevaluasi kinerja angkutan umum selama musim Lebaran tahun ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan jumlah pengguna angkutan umum pada mudik tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

"Dari apa yang kami koordinasikan, dapat disimpulkan mudik Lebaran ini berlangsung dengan baik, terutama berkaitan dengan jumlah angkutan umum yang meningkat dan pengguna sepeda motor yang relatif turun," ujar Budi di Jakarta, Sabtu (23/6).

Secara rinci, Budi menyebutkan pengguna transportasi umum jalur udara meningkat 6%-8%, angkutan laut naik 5%-10%, dan kereta api tumbuh 3%-5%. Sementara, pengguna sepeda motor diklaim turun hingga 47%.

"Yang masih menjadi pekerjaan rumah saat ini ialah bagaimana meningkatkan jumlah penumpang bus pada masa Lebaran." Menurut Budi, penilaian masyarakat terhadap mutu bus yang rendah menjadi alasan utama angkutan umum tersebut kurang diminati.

Maka dari itu, ia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan bus dengan menerapkan sistem online dan memaksimalkan mutu bus yang beroperasi.

Tidak hanya itu, Kemenhub juga akan meningkatkan kapasitas angkutan massal lainnya seperti kereta api yang akan ditambah seiring dengan pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya yang diprediksi akan selesai dalam kurun tiga tahun ke depan.

"Kami juga menganalisis pergerakan pemudik yang menggunakan pesawat terbang untuk membuat bandara baru. Kami akan membuat simulasi daerah-daerah mana yang potensial," tandasnya. (OL-5)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Desa Energi Berdikari Pertamina, Dorong Petani Boyolali Kembangkan Energi Terbarukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:16 WIB
Program itu melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali untuk mengolah...
Antara

Tarif Baru Ojek Online Dinilai Dapat Mengerek Laju Inflasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:17 WIB
Selain akan mendorong inflasi, kenaikan tarif ojol juga akan mendorong masyarakat pengguna ojol pindah ke moda transportasi lain atau...
Dok. DPR RI

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Bersiap Hadapi Kelangkaan Pertalite

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:05 WIB
“DPR berharap pemerintah bergerak cepat menyiapkan contingency plan saat kuota pertalite benar-benar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya