Senin 02 April 2018, 18:30 WIB

PT Freeport Terancam Sanksi Lebih Tegas

 Putri Rosmalia Octaviyani | Ekonomi
PT Freeport Terancam Sanksi Lebih Tegas

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

SANKSI lanjutan lebih tegas akan diberikan kepada PT Freeport Indonesia, bila terbukti mengabaikan kewajiban untuk melakukan pemulihan di area kerjanya yang telah mengalami kerusakan lingkungan parah.

Sanksi tegas akan diberikan tidak hanya berupa administratif, tetapi juga dapat mencapai pembekuan atau pencabutan izin. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan hal tersebut.

"Kami sangat serius menindaklanjuti laporan BPK. Kami akan berikan sanksi yang lebih berat pada PT Freeport bila mereka tidak mematuhi sanksi yang kami berikan," ujar Dirjen Penegakan Hukum KLHK Rasio Ridho Sani, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (2/4).

Rasio mengatakan, respons KLHK terhadap laporan BPK telah dilakukan sejak pertama kali KLHK mengirimkan tim ke PT Freeport pada September lalu. Dalam waktu dekat, pengiriman tim serupa akan dilakukan KLHK untuk memastikan kepatuhan PT Freeport atas sanksi yang diberikan KLHK tersebut.

"Kami ada tim yang mengawasi dari berbagai Ditjen untuk awasi terkait dengan kepatuhan mereka. Ada 47 item yang harus diperbaiki oleh PT Freeport dalam sanksi administrasi yang diberikan," tambah Rasio lagi.

Saat ini koordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga terus dilakukan. Diharapkan dalam waktu dekat kesiapan tim telah rampung dan akan segera berangkat ke Freeport untuk melakukan pemantauan.

"Ini harus tim besar tidak bisa satu dua orang. Kita sedang memberikan brifing. Di sana area untuk kita monitor luas sekali. Jadi harus membuat tim besar dan memiliki kapasitas untuk melakukan itu. Yang pasti dalam tindakan kami sekarang kita fokus dulu ke instrumen sanksi administrasi yang telah diberikan agar dapat dipatuhi. Itu yang sedang kita lakukan," tutup Rasio. (OL-2)

Baca Juga

Ist

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bingkisan Makanan Kepada Pekerja Rentan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:33 WIB
Kegiatan touring yang bertemakan "Bike Bike di Jalan" ini dalam rangka meningkatkan solidaritas dan kebersamaan antar karyawan...
AFP/Chris Delmas.

Pengiriman Tesla Anjlok akibat Penutupan Sementara Pabrik di Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:08 WIB
General Motors dan Toyota melihat penjualan kuartal kedua mereka di Amerika Serikat masing-masing turun 15% dan...
MI/Adam Dwi.

Insav Festival Diharapkan Cerdaskan Masyarakat Tangkal Investasi Bodong

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:46 WIB
Anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati mengingatkan maraknya penipuan berkedok investasi yang terjadi belakangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya