Kamis 28 April 2022, 11:28 WIB

Wah, Gerhana Matahari Pertama Tahun 2022 akan Terjadi Jelang Idul Fitri

Devi Harahap | Weekend
Wah, Gerhana Matahari Pertama Tahun 2022 akan Terjadi Jelang Idul Fitri

Antara
Ilustrasi: Gerhana matahari cincin

 

Gerhana matahari menjadi salah satu fenomena astronomi yang paling ditunggu, gerhana matahari pertama tahun ini akan terjadi pada tanggal 30 April 2022 atau dua hari menjelang Idul Fitri.

Gerhana Matahari bisa terjadi secara penuh, sebagian atau biasa disebut dengan Gerhana Matahari Cincin. Gerhana Matahari sebagian terjadi ketika Bulan hanya menutupi sebagian piringan Matahari. Ketika bulan hanya menghalangi sebagian dari piringan matahari, akan terjadi gerhana matahari sebagian.

Fenomena Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan baru lewat di depan matahari dari sudut pandang Bumi. Pada saat gerhana, wilayah-wilayah tertentu menjadi gelap. Namun, perlu diingat hindari melihat langsung dengan mata telanjang ke arah matahari.

Jalur untuk gerhana matahari ini sebagian besar ada di wilayah-wilayah yang tidak berpenghuni.  Gerhana ini bisa disaksikan dari wilayah terbatas, di antaranya Antarktika, ujung selatan Amerika Selatan, wilayah Lautan seperti Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik. Sebagian besar wilayah pengamatan berada di atas air yang memiliki zona visibilitas terbatas.

Menurut Badan dan Anatriksa Amerika (NASA), peristiwa gerhana tahun ini akan menutup sekitar 64% dari piringan matahari. Akan tetapi jumlah persentase tersebut akan berbeda berdasarkan tempat pengamatan seseorang dalam melihat gerhana.

Pada tahun ini, tidak akan ada Gerhana Matahari total. NASA mengatakan bahwa Gerhana Matahari spasial lainnya akan terlihat dari Eropa, Afrika Timur Laut, Timur Tengah, dan Asia Barat pada 25 Oktober 2022, seperti dilansir dari Space, Senin (23/4).

NASA juga memprediksi Gerhana Matahari Total berikutnya akan kembali terjadi pada 20 April 2023, dan itu akan menjadi gerhana hibrida dengan menampilkan fitur Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari "Cincin Api" atau annular. Sedangkan Gerhana Matahari Total berikutnya akan terjadi pada 8 April 2024 dan terlihat dari Amerika Utara.

Seperti diketahui, Gerhana Matahari Total terakhir terjadi pada 4 Desember 2021. Fenomena tersebut bisa terlihat hanya sebagian dari wilayah Afrika Selatan, Clei, Selandia Baru, dan Australia. Gerhana tersebut bahkan sempat membuat seluruh area Antarktika gelap gulita selama beberapa menit.

Meskipun Gerhana Matahari 30 April tidak bisa disaksikan secara langsung dari Indonesia, fenomena tersebut tetap bisa disaksikan secara daring. Ketika menyaksikan Gerhana Matahari, masyarakat diimbau tidak melihat Matahari secara langsung menggunakan mata telanjang karena berbahaya. Saat mengamati Gerhana Matahari secara langsung, dianjurkan untuk mengenakan kacamata pelindung khusus atau kacamata gerhana bersertifikat agar mata tetap aman dan terlindungi. (M-4)

Baca Juga

CNN/Southeby

Lukisan Berobjek Kekasih Picasso Laku Dilelang Rp990 Miliar

👤Devi Harahap 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:05 WIB
Lukisan itu menggambarkan Marie - Therese Walter sebagai makhluk...
Gucci

Gucci dan Adidas Bikin Payung Mewah Tidak Tahan Hujan

👤Putri Rosmalia 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:07 WIB
Produk kolaborasi itu menuai banyak kritikan karena dianggap tidak...
123rf

Setop Minum Paracetamol Saat Hamil

👤Thalatie K Yani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:40 WIB
Penelitian terbaru menemukan paracetamol yang dikonsumsi saat hamil bisa menyebabkan anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya