Selasa 19 April 2022, 13:35 WIB

NASA Deteksi Komet Raksasa Mengarah ke Bumi

Putri Rosmalia | Weekend
NASA Deteksi Komet Raksasa Mengarah ke Bumi

Ye Aung Thu/ AFP
Ilustrasi komet yang terlihat dari bumi.

 

TELESKOP Nasa, Hubble, mendeteksi keberadaan sebuah komet raksasa. Komet itu memiliki ukuran 50 kali lebih besar dari rata-rata komet yang ada di luar angkasa.

 

Dilansir dari bbc.com, Selasa, (19/4), komet tersebut memiliki ukuran sepanjang 137 km dengan berat sekitar 500 triliun ton. Komet tersebut bergerak mengarah ke bumi dengan kecepatan sekitar 32 ribu kilometer per jam.

 

Meski terdengar menyeramkan, para ilmuwan Nasa meyakini komet itu tak akan sampai menuju bumi. Posisi terdekat pergerakan komet tersebut diprediksi hanya akan sampai sejauh 1,5 miliar kilometer dari matahari.

 

Posisi tersebut diprediksi akan tercapai di tahun 2031 mendatang. Setelah itu kemungkinan komet akan terus mendekati bumi menjadi lebih kecil karena harus melewati matahari.

 

Peneliti Nasa sekaligus Profesor Astronomi University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat (AS) David Jewitt, mengatakan mereka sebenarnya sudah mendeteksi keberadaan komet itu melalui teleskop Hubble sejak tahun 2010. Namun, karena jaraknya yang terlampau jauh mereka belum berhasil mendapat ukuran pasti komet itu selama ini.

 

"Meski belum pernah berhasil memastikan, kami selama ini yakin kalau komet ini memiliki ukuran raksasa. Itu karena tampilannya yang sangat terang meski dalam jarang yang luar biasa jauh," ujar Jewitt.

 

Komet tersebut saat ini menjadi salah satu objek pemantauan utama pusat-pusat penelitian luar angkasa di dunia. Setiap pergerakannya akan diawasi sebagai bentuk kewaspadaan sekaligus untuk kepentingan ilmu pengetahuan luat angkasa. (M-1) 

Baca Juga

123RF

Ini Lo Manfaat Bermain Gim Terhadap IQ

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 16 Mei 2022, 21:49 WIB
Penelitian terhadap ribuan anak di AS melihat korelasi antara durasi bermain gim dan tingkat...
MI

Sudoku edisi 15 Mei 2022

👤MI 🕔Minggu 15 Mei 2022, 06:10 WIB
SUDOKU atau dikenal juga dengan tebak angka (number...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ikut Demo

👤M. Tiyok 🕔Minggu 15 Mei 2022, 05:55 WIB
MAU kemana Jon, bawa pisau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya