Rabu 06 April 2022, 11:50 WIB

6 Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

Nike Amelia Sari | Weekend
6 Tips Mencegah Dehidrasi saat Berpuasa

unsplash.com/Johnny McClung
Ilustyrasi: Minum

 

Selama berjam-jam berpuasa di bulan Ramadan, selain suhu tubuh naik, kita juga kerap merasa haus lantaran dehidrasi.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah dehidrasi dan tidak merasa haus saat berpuasa adalah dengan meningkatkan asupan air dengan cara yang benar saat sahur. Pemilihan menu makanan yang tepat saat berbuka dan sahur juga bakal memengaruhi dehidrasi tubuh. Berikut cara mencegah dehidrasi saat berpuasa, seperti dikutip dari  egypttoday.com, Selasa (5/4).

1. Konsumsi air yang cukup
Minum air putih minimal 8 gelas sejak saat berbuka hingga menjelang sahur.

2. Perhatikan rutinitas
Hindari, sebisa mungkin menghabiskan banyak waktu langsung di bawah sinar matahari.  Panas yang berlebihan dan paparan sinar matahari menghasilkan keringat dan akhirnya Anda mengalami dehidrasi.

3. Kelola olahraga
Hindari olahraga berintensitas tinggi sebelum berbuka puasa.  Saat Anda berolahraga, tubuh kehilangan banyak air karena berkeringat.  Jadi, berolahraga sambil berpuasa ketika Anda tidak bisa minum air akan memperburuk keadaan dan akan membuat tubuh Anda dehidrasi terlalu cepat.

4. Mandi air dingin
Mandi air dingin di pagi hari. Rasa haus menjadi hal yang umum setelah beberapa hari pertama di bulan Ramadan, namun bagian tubuh Anda masih akan menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti bibir pecah-pecah, kelelahan, dan kulit kering.  Mandi air dingin akan lebih menyegarkan dan tidak menghilangkan kelembapan kulit.

5. Hindari makanan pedas dan asin
Hindari makanan pedas dan asin, terutama saat sahur.  Pastikan makanan Anda tidak mengandung banyak garam atau banyak bumbu karena keduanya adalah salah satu alasan utama di balik dehidrasi.  Jauhi makanan seperti acar dan ikan asin karena dapat menyebabkan retensi air.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
Perbanyak makan buah dan sayur yang banyak mengandung air seperti semangka, strawberry, mentimun, paprika, dan nanas.  Jenis buah ini akan membuat tubuh Anda merasa terisi kembali, jadi ada baiknya untuk memasukkan salah satu buah ini ke dalam sahur Anda. (M-4)

Baca Juga

Dok. ZYNGA

Tiktok Uji Coba Fitur Bermain Gim

👤M-2 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:20 WIB
TIKTOK tengah menguji coba fitur terbaru mereka terkait dengan...
AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JUSTIN SULLIVAN

Perjalanan Dua Dekade Ipod

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 07:15 WIB
Gawai ini menjadi terobosan untuk alat pemutar musik dengan ruang penyimpanan besar serta baterai yang tahan lama pada era...
Charly TRIBALLEAU / AFP

Taiko, Tradisi Gendang Jepang yang masih Bergema di Era Kiwari

👤Adiyanto 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:32 WIB
Kunci dari evolusi itu adalah seorag drummer jazz Daihachi Oguchi, yang memindahkan festival taiko ke panggung pertunjukan pada 1950-an dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya