Sabtu 05 Desember 2020, 16:00 WIB

WHO Ingatkan Pandemi belum Berakhir

Adiyanto | Weekend
WHO Ingatkan Pandemi belum Berakhir

Allison Dinner / AFP
Pasien covid di AS sedang menjalani perawatan

KENDATi sejumlah negara telah memproduksi dan segera akan menerapkan vaksinasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa itu (vaksin) bukanlah senjata pamungkas untuk mengatasi krisis virus korona.

"Vaksin tidak sama dengan nol Covid," kata direktur darurat WHO Michael Ryan, seperti dikutip AFP, Sabtu (5/12). Dan lagi, kata dia, tidak semua orang akan dapat menerimanya (vaksinasi) pada awal tahun depan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kemajuan pengembangan dan produksi vaksin ibarat cahaya di ujung terowongan. Namun, dia memperingatkan persepsi yang berkembang bahwa pandemi telah berakhir, itu salah. Sebab, menurutnya, virus masih menyebar dengan cepat sehingga merepotkan rumah sakit dan petugas kesehatan.

Peringatan WHO itu muncul ketika Amerika Serikat mencatat rekor jumlah kasus covid-19 selama dua hari terakhir berturut-turut. Presiden terpilih AS Joe Biden menyatakan mereka siap menghadapi situasi terburuk dan menyebutnya sebagai "musim dingin yang gelap".

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika, Jumat lalu merekomendasikan penggunaan masker wajah  kepada seluruh warga, termasuk di dalam ruangan. Biden mengatakan dia akan mengurangi kemeriahan upacara pelantikannya pada Januari nanti untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

Pengembangan vaksin

WHO mengatakan saat ini sebanyak 51 kandidat vaksin sedang diuji pada manusia. Dari jumlah itu, 13 di antaranya telah mencapai pengujian massal tahap akhir.

Inggris, pada Rabu lalu menjadi negara barat pertama yang menyetujui vaksin dari Pfizer-BioNTech, sebagai vaksin yang akan digunakan untuk masyarakat. Sementara itu, Amerika Serikat baru akan menentukan vaksin yang digunakan pada akhir bulan ini. Sedangkan Belgia, Prancis, dan Spanyol, baru akan menentukan pada Januari tahun depan, dengan prioritas diberikan untuk mereka yang paling rentan. (M-4)

Baca Juga

Netflix

Ozark dan The Crown Bawa Netflix Dominasi Critic's Choice Award

👤Irana 🕔Selasa 19 Januari 2021, 16:13 WIB
Critic's Choice Award 2021 akan dihelat pada 7 Maret...
FACEBOOK / AFP

Para Aktivis ini Dinominasikan Raih Penghargaan HAM

👤Adiyanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 11:00 WIB
Salah satu nominator acara yang akan dihelat 11 Februari ini adalah aktivis perempuan Saudi, Loujain...
Sam YEH / AFP

Ilmuwan Berhasil Menyembuhkan Tikus yang Alami Kelumpuhan

👤Deden Ronjani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 08:00 WIB
Terapi gen hanya untuk beberapa sel saraf dapat merangsang regenerasi aksonal berbagai sel saraf di otak dan beberapa saluran motorik di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya