Sabtu 22 Juni 2019, 23:50 WIB

Khas Kanton nan Modern

Rizky Noor Alam | Weekend
Khas Kanton nan Modern

MI/RIZKI
WOK-BAKED LAMB RACK WITH HOT BEAN SAUCE

 

JIKA Anda penggemar makanan khas ‘Negeri Tirai Bambu’, tentunya Anda familier dengan aneka hidangan khas Kanton. Hidangan khas Kanton biasa identik dengan ayam panggang dan sup aneka sayuran.

Masakannya pun tidak menggunakan banyak bumbu. Pasalnya, hidangan Kanton lebih mengutamakan kesegaran dan menonjolkan rasa asli dari bahan bakunya.

Di tangan Executive Chinese Chef Pearl Chinese Restaurant, Daniel Foong, hidangan Kanton disajikan dengan cara yang unik dan berbeda. Berbekal pengalamannya selama 23 tahun di bidang kulinari beragam negara, Anda patut mencoba hidangan racikannya di Pearl Chinese Restaurant yang berada di Hotel JW Marriott Jakarta, Mega Kuningan. 

Beberapa waktu lalu, Media Indonesia berkesempatan mencicipi enam hidangan yang khusus diracik chef yang lahir dan besar di Pahang, Malaysia, itu. Hidangan pertama yang disajikan ialah pan fried foie gras with peking duck, crispy bean curd sheet. Secara sederhana, hidangan ini merupakan olahan kembang tahu yang diberi irisan daging dan kulit bebek yang renyah, ditambah irisan foie gras alias hati angsa, dan diberi tobiko alias telur ikan di atasnya. Tidak tertinggal saus rahasia yang menyatukan semua komponen makanan.

Cara makannya cukup menggulung kembang tahu dengan semua bahan di dalamnya. Rasanya unik, gurih, manis, dan khas foie gras akan langsung membuat Anda ketagihan.

“Saya sengaja membuat inovasi terbaru agar pengunjung tak bosan. Semua restoran Tiongkok punya peking duck, tapi tidak ada yang dipadukan dengan foie gras dan tobiko akan memberi sensasi rasa renyah enak,” kata chef Foong.

Hidangan berikut yang dicoba ialah baked chilean sea bass with Hong Kong peanut sauce. Hidangan ini cukup unik. Pasalnya, ikan kakap yang dipanggang diberikan saus kacang khas Hong Kong yang didampingi salad buah. Daging ikannya lembut berpadu pas olesan saus kacang yang manis dan gurih di bagian atasnya. Semakin lengkap dengan potongan pepaya, nanas, dan melon dalam saus yoghurt. Setiap suapan memberikan sensasi tersendiri di dalam mulut Anda.

Selanjutnya, ada wok-baked lamb rack with hot bean sauce. “Lamb-nya dimarinasi dengan racikan bumbu homemade selama 1 hari,” jelasnya. Saat dicicipi, potongan daging iga domba itu amat empuk dan juicy, serta tidak berbau.  Rasanya cenderung manis gurih dan berpadu pas dengan  sayur pokcoy dan jagung muda yang akan memberi keseimbangan rasa dengan dagingnya. Cocok bagi Anda pencinta hidangan domba.

Ada pula braised chicken with fresh ginseng in claypot alias potongan daging ayam yang dimasak dengan ginseng. Makanan ini amat istimewa, yakni tekstur daging ayamnya yang lembut berpadu dengan cita rasa khas gingseng dengan kaldu ayam yang kental nan gurih.

“Kalau untuk ayamnya ini bumbunya menggunakan bawang putih, kaldu ayam, gula, minyak wijen, dan tepung kentang,” imbuhnya.


Ringan

Chef Foong menambahkan cita rasa makanan masyarakat Tiongkok terutama Kanton, cenderung memiliki rasa yang lebih ringan. Teknik pengolahannya pun kebanyakan tumis dan kukus.

Hidangan terakhir yang diraciknya ialah homemade spinach bean curd with seafood served in claypot. Sajian ini merupakan sapo tahu yang terbuat dari sari bayam dimasak dengan kuah kental dan aneka seafood. Seafood yang digunakan schallop, cumi, dan ikan. Bicara sapo tentunya ada tambahan jamur shitake dan wortel.

Hidangan ini amat gurih. Tekstur tahunya amat lembut berpadu dengan kuahnya yang kental dan memiliki aroma jahe cukup kuat. Sebagai penutup, Anda wajib memesan lemongrass jelly with dragon fruit and kaffir lime. Makanan ini merupakan agar-agar yang dimasak dengan serai, diberi potongan buah, dan dicetak dalam buah naga yang dibelah dua.

Sesaat sebelum menyantapnya berikan perasan jeruk purut. Manis, asam, nan menyegarkan. Cocok sebagai penetralisasi aneka makanan berat yang sudah dinikmati.

Jika Anda tertarik makan aneka hidangan tersebut, dapat dinikmati dengan memilih chef foong’s easy lunch yang terdiri atas 3-course set menu, yang dimulai dari pilihan dimsum, hidangan utama, dan pencuci mulut, lengkap dengan nasi putih dan chinese tea dibanderol dengan harga Rp138 ribu++ per orang. (M-3)

Baca Juga

Dok: Tim Dekdok IPM Pitulasan

Bara Kreativitas dalam Lomba Pitulasan

👤Azizah Hanum Azzahra - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo 🕔Jumat 30 September 2022, 17:00 WIB
Berbeda dari tahun lalu, panitia Lomba Pitulasan 2022 ingin memberi tantangan berbeda kepada para peserta dengan melakukan modifikasi...
Dok. In2motionfest

Lebih dari Seribu Koleksi Busana akan Tampil di Ajang In2motionfest

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 30 September 2022, 13:35 WIB
In2motionfest akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) yang digelar di Assembly Hall,...
 NASA / AFP)

Teleskop Webb Tampilkan Gambar Asteroid Usai Ditabrak Pesawat NASA

👤Adiyanto 🕔Jumat 30 September 2022, 13:30 WIB
Pantauan teleskop James Webb terhadap serangan terhadap asteroid itu menunjukkan dampak 'jauh lebih besar dari yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya