Selasa 28 Mei 2019, 21:53 WIB

Bumi Resmi Masuki Zaman Baru

Abdillah Marzuqi | Weekend
Bumi Resmi Masuki Zaman Baru

AFP/PATRIK STOLLARZ
Aktivitas manusia pada pertengahan abad 20 telah memengaruhi Bumi secara signifikan.

 

Ilmuwan menyatakan planet bumi telah memasuki Anthropocene atau Zaman Manusia. Kemunculan istilah itu diprakarsai oleh ilmuwan dari The Anthropocene Working Group (AWG).

Kelompok ilmuwan itu memutuskan awal Anthropocene pada 1950-an. Zaman Manusia ditandai dengan maraknya aktivitas manusia. Aktivitas manusia pada pertengahan abad 20 telah merubah iklim bumi. Perubahan itu sekaligus mengakhiri zaman Holocene yang telah berusia 11.700 tahun.

Istilah itu dipilih berdasarkan permulaan zaman ketika kondisi bumi banyak menggalami perubahan. Secara geologis, Anthropocene ditandai dengan perubahan besar akibat aktivitas manusia pada pertengahan abad ke-20. Selain itu, uji bom Hidrogen pada 1950-an juga menghasilkan zat radioaktif berskala besar. Perubahan kondisi lingkungan dan peningkatan bahan bakar fosil juga menjadi tanda Anthropocene.

Pekan ini, para ilmuwan geologi melakukan mekanisme pengambilan keputusan tentang penggunaan istilah tersebut. Hasilnya, istilah Anthropocene tidak banyak menggalami hambatan berarti. Hal itu dikarenakan oistilah itu telah disuarakan sejak Kongres Geologi Internasional 2016 di Cape Town.

"Anthropocene berfungsi sebagai unit geologi waktu, proses, dan strata," ujar ketua panel Profesor Jan Zalasiewicz dari University of Leicester.

"Itu bisa dibedakan dan khas," tambahnya sebagaimana dilansir dari Dailymail (28/5).

Kendati demikian, para peneliti masih terus melakukan riset untuk menentukan batasan antarzaman, yang disebut Global Stratotype Section and Point (GSSP).

Kelompok Kerja Anthropocene (AWG) beranggotakan 34 orang. Mereka akan membangun proposal yang akan diajukan ke International Commission on Stratigraphy pada 2021. (M-2)

BACA JUGA: Ini 7 Cara Hentikan Fast Fashion

Baca Juga

Instagram @jokowi

Presiden Ingatkan Penyanyi Cilik Farel Prayoga untuk Tidak Lupa Belajar

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penampilan Farel Prayoga di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, 17 Agustus 2022, di Istana Merdeka membuat para tamu ikut...
dok: Setkab

Baju Adat Dolomani hingga Kebaya Karya Didiet Maulana di Istana Negara

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:50 WIB
Tak hanya pakaian adat yang telah terkenal seperti kebaya, dari tahun ke tahun pakaian adat yang dihadirkan semakin...
MI/Devi Harahap

Yuk, Intip Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Sarinah

👤Devi Harahap 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:25 WIB
Pameran yang diadakan Kemenseneg ini memajang sebanyak tujuh unit mobil kepresidenan yang pernah menjadi kendaraan dinas dan digunakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya