Rabu 04 Januari 2023, 20:54 WIB

Sidak Lokasi PDN, Menkominfo Minta Selesai Tepat Waktu

Mediaindonesia.com | Teknologi
Sidak Lokasi PDN, Menkominfo Minta Selesai Tepat Waktu

DOK Kemenkominfo.
Menkominfo Johnny G Plate melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Deltamas Cikarang Bekasi.

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas Cikarang Bekasi, Rabu (4/1). Sebagai salah satu proyek strategis nasional yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, ia meminta pembangunan dilakukan sesuai rencana dan standar internasional.

"Sukses dan berhasilnya pembangunan ini akan mendorong infrastruktur pemerintahan berbasis elektronik. Ini harus dijaga," tandasnya.

Menkominfo menyatakan saat ini sudah dua bulan setelah seremoni groundbreaking. Secara khusus, sidak kali ini untuk mengetahui perkembangan pembangunan PDN.

"Dua bulan setara dengan 8% yang lewat dari 24 bulan perencanaan. Saya ingin lihat apa saja yang sudah dilakukan dalam dua bulan. Apa masih dalam schedule yang direncanakan itu," tuturnya.

Untuk memastikan pekerjaan berlangsung dengan baik, Johnny meminta semua pihak yang terlibat memperhatikan perkembangan pembangunan. "Concern dengan progress. Bukan zamannya lagi janji-janji. Tidak hanya fisik, tetapi seluruh spesifikasi yang ada. Apa benar tahan gempa, termasuk memenuhi standar Tier 4?" ungkapnya.

Menkominfo menyatakan pembangunan PDN sebagai proyek strategis nasional banyak pihak yang mengawasi tanpa hadir. "Jangan sampai teledor semua pihak dan unsur pemerintah yang terlibat dalam setiap tahap, terutama memenuhi syarat perizinan. Jangan sampai terundur sejam sekalipun. Kalau ada kesulitan izin kasih tahu saya," ujarnya.

Johnny menginstruksikan seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo untuk memperhatikan seluruh perkembangan pembangunan. "Penerapan dipercepat, jangan sampai rencana besar tetapi realisasi rendah. Jangan sampai terhambat, apalagi akan ada perubahan dalam layanan pemerintah. Nanti, rutin kita lakukan progress review meeting. Tanggal 20 Oktober 2024 harus sudah selesai," tandasnya.

PDN pertama dibangun di atas lahan seluas 14.022 meter persegi. Pusat data ini menjadi pilot project pertama untuk Green Building GBCI level Platinum yang disertifikasi secara internasional. Selain itu, PDN akan memiliki Sertifikasi Bangunan Gedung Hijau level Utama dan TIA 942 Rated 4. Proses pembangunan gedung akan dimulai April 2023. (OL-14)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

DCT Agency Dirikan Kantor Pusat House of TikTokers di Digital Hub

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 20:56 WIB
DCT Agency, salah satu startup yang bergerak di bidang talent management and advertising digital. Ia telah terafiliasi lebih dari 500...
Ist

Aplikasi PINTU dan RRQ Gelar Turnamen Mobile Legend Berhadiah Bitcoin

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:47 WIB
RRQ, klub esports asal Indonesia, menggandeng PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU selaku sponsor menggelar turnamen bertajuk...
Dok. Mekari/HO Shuterstock

Ini 5 Tren Digitalisasi HR Dukung Pertumbuhan Bisnis di 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:33 WIB
dengan mendigitalisasi proses dan sistem HR, perusahaan bisa merekrut, membina, dan mempertahankan karyawan dengan lebih tepat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya