Kamis 18 Agustus 2022, 17:00 WIB

Tiga Fitur yang Jadi Keunggulan S.id

Budi Ernanto | Teknologi
Tiga Fitur yang Jadi Keunggulan S.id

DOK IST
Tampilan laman platform S.id.

 

PERNAH melihat tautan pendek dengan nama unik yang mengarah ke sebuah situs? Sebenarnya itu adalah sebuah tautan yang dibuat menjadi pendek. 

Untuk membuat tautan seperti itu, umumnya menggunakan layanan untuk memperpendeknya. Tujuannya agar lebih ringkas. Terdapat platform gratis yang bisa digunakan untuk menyingkat tautan, salah satunya yaitu platform s.id.

Platform tersebut memiliki kegunaan yang sama dalam memproses tautan yang panjang menjadi pendek dengan mudah dan gratis. Namun untuk S.id akan lebih mudah digunakan karena semua fitur yang tersedia hadir secara cuma-cuma tanpa perlu berlangganan. Tautan juga dapat dikustomisasi atau dapat diubah namanya sesuai dengan keinginan tanpa batas.

Selain itu, S.id juga bisa digunakan untuk membuat microsite atau website kecil untuk menampilkan portofolio dan juga untuk menaruh beberapa link yang ingin dibagikan menjadi satu dan untuk ditaruh di bio link di media sosial.

Saat ini S.id telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE di Kementerian Komunikasi dan Informatika (PSE Kominfo) sehingga tautan yang dibuat dijamin tidak akan terblokir ketika diakses oleh visitor.

Berikut panduan untuk memperpendek tautan seperti yang dijabarkan S.id dalam keterangan resminya, Kamis (18/8).

Pertama, buka situs s.id melalui tautan home.s.id dan di halaman utama, paste atau tempel URL yang ingin dipersingkat ke kolom yang tersedia, lalu klik short it! Selanjutnya secara otomatis s.id akan menampilkan URL yang sudah dipersingkat. Pengguna dapat menekan tombol copy link tersebut ataupun membagikannya ke media sosial.

Baca juga: Maknai Hari Kemerdekaan, Erick Thohir Komitmen Sejahterakan Masyarakat

Cara tersebut hanya dapat menyingkat tautan saja, apabila ingin menggunakan semua fitur-fitur yang ada, perlu login atau membuat akun terlebih dahulu.

Menurut S.id ada tiga fitur yang jadi keunggulan mereka, yaitu Time Based Link, Linkplus+, dan Protected Link.

Fitur pertama dimaksudkan agar tautan hanya boleh diakses pada waktu tertentu untuk memudahkan pekerjaan. Seperti tautan untuk event dengan jangka waktu tertentu yang dapat mengakses tautan dengan waktu yang sudah ditentukan saja, tidak di luar waktu tersebut.

Time based link atau tautan berjangka adalah jenis tautan yang hanya bertahan pada rentang waktu tertentu. jika waktu yang ditentukan sudah habis, maka tautan akan kadaluarsa dan sudah tidak dapat diakses lagi. Untuk mengaktifkan kembali, mereka perlu menghubungi pemilik tautan tersebut.

Sementara Linkplus+ adalah fitur rahasia yang digunakan untuk menemukan tujuan tautan asli dengan alamat tautan S.id. Linkplus akan menemukan jenis link yang dicari, baik itu microsite ataupun shortener link. Hal tersebut akan sangat membantu apabila ingin membuka tautan namun takut akan scam atau penipuan, karena fitur ini akan memberitahu tautan asli itu berasal.

Lalu Protected Link ialah tautan dengan kunci rahasia sebelum diarahkan ke tautan asli. Sehingga, ketika ada yang ingin mengakses tautan yang dibuat menjadi pendek itu, mereka perlu mengetahui kata sandinya. Dengan begitu, tautan akan aman dari orang lain yang tidak berkepentingan. (R-3)

Baca Juga

Dok. Biznet Gio

Genjot Percepatan Ekosistem Cloud, Biznet Gio Gandeng Lyrid Luncurkan Layanan Otomatisasi Microservice

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:23 WIB
Microservice merupakan pendekatan pengembangan aplikasi berbasis container yang saat ini banyak digunakan industri untuk percepatan...
Ist

Oppo ColorOS 13 Tampil dengan Memori Besar dan Hemat Daya

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:35 WIB
Produsen smartphone kini berlomba-lomba untuk menghadirkan hardware dengan performa yang paling...
Ist

Hukumonline Berdayakan Masyarakat Melek Hukum Lewat Teknologi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:08 WIB
Hukumonline bertujuan untuk menjadi solusi satu atap bagi praktisi hukum Indonesia sebagai sebuah platform regulasi berbasis teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya