Rabu 25 Oktober 2017, 12:25 WIB

Sediakan Tong Sampah Unik

Faradis Zahra Alfajri UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Sediakan Tong Sampah Unik

ANTARA/MAULANA SURYA

 

SAMPAH menjadi salah satu problematika di Indonesia. Padahal, sering kita temui peringatan bertuliskan ‘Dilarang membuang sampah sembarangan’. Namun, masih saja ada masyarakat yang acuh tak acuh.

Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan khususnya membuang sampah sembarangan dirasa kurang efektif jika hanya mengandalkan tulisan, apalagi Indonesia merupakan negara dengan tingkat literasi yang rendah.

Sebagai alternatif lain agar masyarakat peka untuk menjaga kebersihan, pemerintah dapat membuat tempat sampah menjadi benda yang menarik dan unik. Tidak hanya sebuah tong berisikan plastik hitam. Alternatif lain ialah dengan memberikan mereka hadiah karena sudah membuang sampah pada tempatnya. Seperti sistem barter, pemerintah dan rakyat Indonesia dapat berinovasi membuat tempat sampah yang ketika kita membuang sampah, akan muncul minuman atau makanan ringan sesuai dengan banyak atau jenis sampah yang dibuang.

Membuang sampah tidak hanya dilakukan pejalan kaki, justru yang saya ketahui dari pengalaman pribadi lebih banyak pengendara mobil atau motor yang membuang sampah sembarangan di jalan raya karena mereka tidak nyaman dengan sampah yang menumpuk di kendaraan mereka. Untuk kasus seperti itu, inovasi baru dapat diwujudkan seperti drive thru garbage guna memudahkan pengendara membuang sampah. Mereka tidak perlu repot lagi turun kendaraan untuk membuang sampah. Sistem ini seperti pemesanan makanan cepat saji yang kini banyak tersebar di Indonesia.

Tempat sampah juga sebaiknya disediakan di setiap penjuru kota, di setiap taman bermain, bahkan di setiap tempat perbelanjaan sehingga masyarakat lebih mudah untuk membuang sampah, tidak perlu lagi mereka yang ingin menjaga kebersihan lingkungan justru menyimpan sampah di dalam kantong baju, celana, atau di tas.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya