Senin 16 Oktober 2017, 10:53 WIB

Penerapan Tol-E, Kenapa tidak?

Indah Padillah Mahasiswa UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Penerapan Tol-E, Kenapa tidak?

ANTARA/M Risyal Hidayat

 

HINGGA Oktober ini PT Jasa Marga secara bertahap mengubah cara pembayaran transaksi tunai menjadi nontunai. Pembayaran tol hanya bisa dilakukan menggunakan kartu atau uang elektronik atau tol-E.

Pembayaran tol dengan tol-E ini sebenarnya bukan hal baru di Indonesia karena sebelumnya sudah diterapkan, hanya penerapannya masih di titik-titik tertentu. Namun, pada akhir Oktober seluruh gerbang tol harus bertransaksi dengan menggunakan tol-E.

Dengan adanya program tol-E ini pastinya banyak keuntungan. Beberapa keuntungan yang akan didapat dari kebijakan ini di antaranya, mempercepat dan memperpendek waktu transaksi sehingga bisa mengurai kemacetan di gerbang tol. Kedua, lebih efisien karena pengguna tol tidak perlu repot-repot menyediakan uang tunai.

Ketiga, meminimalkan adanya kejadian yang merugikan baik bagi pihak Jasa Marga maupun pengguna tol, seperti adanya uang palsu dan kesalahan dalam mengembalikan uang kembalian. Di samping adanya keuntungan, pastinya ada juga pihak yang merasa dirugikan dengan adanya program ini.

Salah satunya pengguna tol yang belum mengenal tol-E tentunya kesulitan menggunakannya. Selain itu, antisipasi sistem error.

Untuk meminimalkan berbagai kerugian yang ada, pihak terkait harus bisa menyosialisasikan terlebih dahulu program ini pada masyarakat dan memberikan jalan keluar dan solusi yang tepat.

Salah satunya dengan memfasilitasi pendamping di setiap gardu tol, sehingga bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin akan timbul. Salah satunya, kebingungan pengguna jalan saat bertransaksi atau terjadi error pada sistem.

Cara ini dinilai mampu memberikan kenyaman pada pengguna jalan. Dengan adanya program baru ini, semoga bisa meningkatkan keamanan serta kenyamanan dalam bertransaksi.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya