Sabtu 07 Oktober 2017, 10:45 WIB

Tindak Tegas Pelaku Plagiarisme

Tri Eka Shofyandi Mahasiswa UIN SGD Bandung | Surat Pembaca
Tindak Tegas Pelaku Plagiarisme
 

Sudah lumrah bagi calon sarjana untuk membuat karya tulisan. Dimulai dari yang sederhana seperti membuat tugas makalah di kampus, tugas kelompok untuk presentasi di depan kelas, dll. Namun, karakter alami manusia yang ingin mudah dan tidak mau berpikir akhirnya mengambil jalan pintas, yaitu melakukan plagiat.

Mereka melakukan plagiat dari artikel-artikel yang bertebaran di internet. Karena kurangnya pengetahuan tentang etika menulis, sebuah karya ilmiah yang dibuat orang lain akhirnya ditulis atas namanya.

Akhirnya, plagiat itu menjadi kebiasaan hingga mengambil gelar sarjana pun melakukan tindakan plagiarisme.

Skandal plagiarisme yang terjadi di UNJ merupakan sebuah fenomena gunung es di lautan, hanya sebagian kecil yang muncul ke permukaan, tapi yang paling besar sisanya tidak pernah terungkap dan terlihat.

Dampak buruk plagiarisme ialah kedangkalan ilmu dan miskin inovasi. Maraknya plagiarisme menyebabkan kemurnian sumber ilmu tidak jelas siapa penulisnya. Bukan cuma itu, keabsahan suatu karya akan sulit diterima karena kemurniannya akan selalu dipertanyakan.

Untuk itu, budaya plagiarisme harus diberantas karena berdampak buruk pada kualitas sarjana-sarjana di NKRI ini. Layaknya buih di lautan, banyak dan tak terhitung jumlahnya, tapi lemah dan tidak berarti apa-apa. Lulusan-lulusannya walaupun di universitas yang ternama sekalipun tetap akan turun kualitas keilmuannya jika masih punya kebiasaan buruk plagiarisme.

Maka dari itu, memberantas plagiarisme harus dimulai dengan langkah sederhana. Biasakan ketika membuat sebuah makalah jangan sampai plagiat dari tulisan atau karya ilmiah orang lain. Percaya pada kemampuan sendiri.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi harus memberikan sanksi yang tegas kepada perguruan tinggi yang memberi ‘restu’ terhadap tindakan plagiarisme.

Baca Juga

dok.pribadi

Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen Protes

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 April 2022, 23:29 WIB
Beli Mobil Baru Miliaran Tapi Diduga Cacat Produk, Konsumen...
dok.ist

Klarifikasi/Hak Jawab Berita Media Indonesia

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 13 April 2022, 19:09 WIB
SEHUBUNGAN dengan Pemberitaan yang beredar di Media Indonesia, tertanggal 13 April 2022 tentang Razia Handphone  yang berisi Konten...
dok.pribadi

Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan Pajak

👤MICOM 🕔Rabu 06 April 2022, 07:45 WIB
Menguji Prosedur Formal Persidangan Pengadilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya