Sabtu 30 April 2022, 04:00 WIB

Penuh Syukur Sambut Idul Fitri

Ferdian Ananda Majni | Ramadan
Penuh Syukur Sambut Idul Fitri

Dok. Pribadi
Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis.

 

SETELAH berpuasa selama satu bulan lamanya, seluruh umat muslim hendaknya menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H dengan penuh syukur mengingat situasi pandemi covid-19 menunjukkan tren yang melandai. "Salat Tarawih berjemaah di masjid dan musala, berbuka puasa bersama sanak saudara dan kolega selama Ramadan, serta salat Id berjemaah telah dapat kita laksanakan dengan lebih leluasa. Silaturahim dan halalbihalal di tempat publik dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri nanti hampir kembali dapat diselenggarakan dalam situasi normal," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis dalam Tausiah Idul Fitri, seperti dikutip, kemarin.

Hal tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari kontribusi semua pihak yang telah melakukan ikhtiar samawi berupa doa dan muhasabah rohaniah serta ikhtiar ardi secara maksimal berupa kedisiplinan pada protokol kesehatan dan vaksinasi.

Meski demikian, lanjut KH Cholil, pandemi covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Karena itu, MUI mengimbau seluruh pihak agar dalam merayakan Idul Fitri di ruang publik tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana panduan fatwa MUI serta aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Seperti memakai masker, menjaga jarak kerumunan, dan melaksanakan vaksinasi anticovid-19 bagi yang belum melaksanakannya," sebutnya.

MUI juga mengimbau seluruh umat Islam, khususnya yang masuk kategori mampu (aghniya’), agar mengoptimalkan pembayaran zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui lembaga yang memiliki otoritas dan kredibilitas agar manfaat zakat, infak, dan sedekah terasakan lebih fokus, tetapi tetap meluas serta produktif bagi mereka yang berhak menerimanya (mustahiq).

"Kewajiban menunaikan zakat di Ramadan adalah ibadah mahdhah sekaligus ibadah sosial karena menjadi perekat sosial bagi masyarakat yang berhak dan membutuhkannya, khususnya akibat terdampak pandemi covid-19 secara ekonomi," ujarnya.

 

Momentum

KH Cholil juga mengajak upaya memaksimalkan kesyahduan perayaan Hari Raya Idul Fitri sebagai momen silaturahim akbar secara khusyuk dan produktif. Lalu mengumandangkan takbir, tahlil, dan tahmid secara masif penuh khusyuk. "Hangatkan silaturahim dan halalbihalal sebagai ungkapan tulus ikhlas untuk maaf-memaafkan atas segala kesalahan dan kekhilafan dengan penuh kasih sayang dan kedamaian," tuturnya.

Semua pihak hendaknya tidak mengurangi kekhusyukan perayaan Hari Raya Idul Fitri dengan perilaku penggunaan harta secara berlebihan (israf), terlarut dalam kemubaziran (tabdzir), dan melanggar protokol kesehatan.

Semua pihak memaksimalkan momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini untuk semakin mempertebal spirit keislaman sekaligus mental kebangsaan sebagai dua dimensi yang saling menguatkan dengan meningkatkan rasa saling menyayangi (tarahum) dan berbagi kebahagiaan terhadap sesama sanak saudara, kerabat, dan handai tolan tanpa tersekat oleh perbedaan agama, suku, dan bangsa. "Dengan demikian, Idul Fitri menjadi spirit kembali ke fitrah diri, fithrah syakhshiyah; fitrah sosial, fithrah ijtima’iyah; dan fitrah kebangsaan, fithrah wathaniyah," tutupnya. (H-3)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Senin, 23 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN