Senin 16 Januari 2023, 19:29 WIB

Kapolri: Situasi di PT GNI Kondusif. 17 Orang Berstatus Tersangka

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Kapolri: Situasi di PT GNI Kondusif. 17 Orang Berstatus Tersangka

Antara
Kapolri Jenderal Listyo Sigit

 

KAPOLRI Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya sudah menangani bentrokan yang terjadi di area pabrik milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali, Sulawesi Tengah,Sabtu (14/1).

Saat ini, aparat sudah menangkap 71 orang yang diduga terlibat dan melakukan pengerusakan serta memicu bentrokan. Sebanyak 17 di antara mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Peristiwa tersebut sudah bisa diatasi oleh kepolisian. Beberapa pelaku pengrusakan saat ini sudah diamankan, jumlahnya ada 71 orang. Sebanyak 17 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Listyo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/1).

Lokasi kejadian dan area sekitar pun sudah mendapat pengawalan petugas keamanan. Listyo menyebut telah menurunkan 548 anggotanya dan akan ditambah lagi 2 satuan setingkat kompi (SSK) Brimob dari pusat.

Dengan situasi yang kian kondusif dan penjagaan ketat, GNI pun akan memulai kembali kegiatan operasionalnya, Selasa (17/1).

Listyo enjelaskan konflik tersebut bermula dari adanya aksi provokasi sejumlah pihak. Beberapa karyawan yang menjadi provokator mengajak rekan-rekannya melakukan aksi mogok kerja. Namun, ajakan tersebut ditolak sehingga terjadilah bentrokan.

"Peristiwa yang terjadi awalnya adalah ada ajakan mogok dari karyawan dan di situ menimbulkan pro dan kontra. Ada upaya pemaksaan, kemudian di situ ditolak," terangnya.

Listyo pun mengimbau kepada seluruh masyarakat dan karyawan untuk tidak lagi mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum jelas, terutama terkait masalah hubungan industrial.

"Seharusnya itu bisa diselesaikan dengan baik karena ada aturannya, undang-undangnya. Itu silakan dijalankan dan tentu kita semua, keamanan akan mengawal proses tersebut sehingga semua proses berjalan dengan baik," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya