Rabu 23 November 2022, 09:40 WIB

Jadi Pelaksana Pernikahan Kaesang, Erick Kian Dekat dengan Milenial dan Gen Z

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Jadi Pelaksana Pernikahan Kaesang, Erick Kian Dekat dengan Milenial dan Gen Z

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Menteri BUMN Erick Thohir.

 

DOSEN Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (Unibraw) Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.Comm menilai ditunjuknya Menteri Erick menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang bakal digelar 10 Desember 2022 mendatang menunjukan kepada publik jika bahwa Presiden Joko Widodo memberikan kepercayaan lebih kepada pembantunya.

Kepercayaan ini tak hanya sekadar tugas formil sebagai pejabat Negara, namun Menteri Erick juga dipercaya untuk menjalankan tugas keluarga Presiden Jokowi.

Selama ini mungkin banyak orang yang beranggapan jika Menteri Erick hanya bisa mengeksekusi pekerjaan sebagai pejabat publik.

Namun kini publik bisa melihat Menteri Erick juga bisa mengeksekusi pekerjaan keluarga Presiden Jokowi.

Tentu saja nantinya kesuksesan ketika menjadi ketua pelaksana pernikahaan putra bungsu Presiden Jokowi ini dinilai Anang akan mengharumkan nama Menteri Erick di mata publik. 

"Sebenarnya penunjukan sebagai ketua pelaksana pernikahan Kaesang dan Erina berpotensi dijadikan momen yang sangat bagus bagi Pak Erick untuk menunjukan keberhasilan beliau di dalam tugas sebagai Menteri BUMN tetapi juga bisa menjalankan tugas lain sebagai bagian keluarga Presiden Jokowi," jelas Anang dalam keterangan pers, Rabu (23/11).

Baca juga: Erick Thohir, Menteri Kepercayaan Jokowi, dari Urusan Negara Hingga Urusan Keluarga

"Kedekatan Pak Erick dari kaca mata komunikasi berpotensi untuk mengharumkan nama dan meningkatkan exposure beliau," terang Anang.

Anang juga menilai dengan menjadi ketua pelaksana pernikahaan putra bungsu Presiden Jokowi, Menteri Erick berpotensi untuk mendekatkan kepada kaum milenial.

Tinggal sekarang bagaimana Menteri Erick menjadikan event tersebut untuk melakukan engagement kepada kaum milenial. Caranya adalah dengan membangun dialog dan interaksi dengan kaum milenial.

Memang Kaesang memiliki banyak follower di sosial medianya. Namun pengikut media sosial Kaesang yang mayoritas kaum milenial dinilai Anang tak serta-merta dapat berinteraksi langsung dengan Menteri Erick.

Menurut Dosen komunikasi Unibraw ini, komunikasi dengan milenial ada caranya dan membutuhkan waktu. "Memang interaksi tidak perlu mendatangi satu persatu. Pak Erick cukup mengundang influencer untuk menyampaikan gagasan dan idenya," ujarnya.

"Menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang ini berpotensi dijadikan aktifitas untuk mendekatkan Menteri Erick ke kaum milenial. Misalnya Menteri Erick dan Kaesang bisa menunjukan beberapa moment kedekatan mereka di sosial media," katanya.

"Bisa juga Menteri Erick menunjukan ide dan gagasan kepada kaum milenial bersama Kaesang. Untuk memikat kaum milenial tak hanya sekadar menunjukan kedekatan melalui ide atau pernyataan. Perlu menunjukan kedekatan fisik,"ungkap Anang.

Menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesan dinilai Anang juga berpotensi dijadikan momentum Menteri Erick memperkenalkan budaya khususnya Jawa kepada kaum milenial.

Beberapa pagelaran internasional seperti G20 yang menampilkan budaya Indonesia, nilai tradisional bisa dikemas menjadi lebih modern dan disukai kaum milenial.

"Pasta rakyat yang akan diselenggarakan di pernikahan Kaesang mungkin akan disajikan dengan cara yang modern. Bukan lagi identik dengan kaum marginal," paparnya.

"Jika nanti perkawinan Kaesang bisa dikemas dengan konsep pesta rakyat yang moderen, tentu akan akan memperkenalkan budaya Jawa kepada kaum milenial. Dan ini otomatis akan meningkatkan exposure menteri Erick di kaum milenila," pungkas Anang. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ampelsa

Tiba di Padang, "Anies Presidenku" menggema di Bandara Internasional Minangkabau

👤Andromeda dan Fajri Fatmawati 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:46 WIB
SAMBUTAN histeris mewarnai kedatangan Anies Baswedan bakal calon presiden Partai NasDem tiba di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pukul...
MI/Henri

Badan Otorita Klaim 21 Negara tertarik Investasi di IKN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 18:11 WIB
Ia mengatakan, dengan banyaknya investor asing bisa merealisasikan target 80% pembiayaan IKN yang berasal dari...
MI/M Taufan SP Bustan

NasDem Berharap Pemda Dukung Kegiatan Pendidikan Politik bagi Publik

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 17:25 WIB
Politisi NasDem Effendy Choirie (Gus Choi) menjelaskan NasDem memiliki kewajiban untuk mengenalkan Anies Baswedan sebagai bacapres 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya