Minggu 06 November 2022, 13:00 WIB

BNPT: Pertahanan Semesta Cara Ampuh Lawan Terorisme

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
BNPT: Pertahanan Semesta Cara Ampuh Lawan Terorisme

Antara
Polisi melakukan simulasi penanggulangan aksi terorisme.

 

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyerukan pertahanan semesta kepada masyarakat di Tanah Air dalam melawan paham radikal, intoleransi dan terorisme melalui gerakan cinta NKRI.

"Kita lawan terorisme dengan pertahanan semesta dalam menghadapi ideologi terorisme. Salah satunya, melalui Warung NKRI," ujar Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam keterangannya, Minggu (6/11).

Pihaknya menyakini pertahanan semesta merupakan cara ampuh dalam melawan radikalisme maupun terorisme. Salah satu bentuk pertahanan semesta yang bisa dilakukan, yaitu melalui pendekatan soft approach.

Baca juga: Gus Yahya Jelaskan Hubungan Resolusi Jihad dan Hari Santri

"Dialog kebangsaan di Warung NKRI diyakini bisa melawan paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945," imbuhnya.

Boy menekankan bahwa perang melawan virus radikalisme dan terorisme bukan hanya dengan menggunakan alutsista. Akan tetapi, uga dengan penguatan rasa cinta Tanah Air oleh setiap warga negara untuk meminimalisir potensi ancaman tersebut.

"Jadi kalau kita semua cinta NKRI, maka musuh negara yang namanya terorisme tidak akan pernah bisa datang dan menghinggapi seluruh elemen masyarakat," pungkas Boy.

Baca juga: Pengamat: Waspadai Narasi Radikal Terorisme adalah Stigmatisasi Agama

Menurutnya, sosialisasi ideologi kebangsaan dan membangun gerakan cinta NKRI penting untuk terus dilaksanakan. Hal itu sebagai upaya melawan intoleran di tengah masyarakat.

BNPT pun mengajak masyarakat untuk melawan virus terorisme melalui wawasan kebangsaan. Serta, revitalisasi Pancasila, moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan dan penguatan akar budaya bangsa.

Di samping itu, generasi muda baik pelajar, mahasiswa atau anggota organisasi kemasyarakatan, dapar menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.(Ant/OL-11)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Pengusutan Korupsi Hakim MA Sarat Kepentingan Antarlembaga

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 30 November 2022, 13:36 WIB
Ia menyebut ada tarik menarik kepentingan antarlembaga, yaitu Mahkamah Agung (MA), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Komisi Yudisial...
Antara

Indonesia Kalah dalam Gugatan Ekspor Nikel, Presiden: Kita Banding

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 30 November 2022, 13:26 WIB
Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia akan mengajukan banding atas keputusan Badan Penyelesaian Sengketa World Trade Organization...
ANTARA FOTO/Fauzan

Bharada E Ungkap Kedekatan Brigadir J dengan PC

👤Irfan Julyusman 🕔Rabu 30 November 2022, 13:20 WIB
"Selalu didampingi, korban merangkap driver sekaligus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya