Kamis 11 Agustus 2022, 20:40 WIB

Perludem Resmi Jadi Pemantau Pemilu 2024

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Perludem Resmi Jadi Pemantau Pemilu 2024

Antara
Pengendara motor melintasi mural terkait Pemilu 2024.

 

SETELAH melakukan persiapan seluruh persyaratan sesuai UU Pemilu dan melakukan pendaftaran ke Bawaslu RI, Perludem resmi mendapatkan akreditasi sebagai pemantau Pemilu 2024.

Akreditasi Perludem sebagai pemantau pemilu terdaftar dengan nomor akreditasi 008/PM.05/KI/8/2022. Sertifikat akreditasi terhadap Perludem diserahkan langsung oleh Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty.

Baca juga: Megawati Berani Taruhan: Jika Pancasila Diganti, Indonesia Timur Bakal Lepas

“Sebagai organisasi masyarakat sipil yang memiliki aktivitas utama di bidang penelitian dan advokasi pemilu, tentu langkah mendaftar sebagai pemantau adalah upaya untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil,” tutur Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Agustyati, Kamis (11/8).

Aktivitas pemantauan akan dilaksanakan terhadap seluruh tahapan Pemilu 2024 yang sudah berjalan. Setiap aktivitas pemantauan yang dilakukan, lanjut dia, disampaikan kepada setiap stakeholder pemilu.

“Jika terdapat dugaan pelanggaran pemilu, sedapat mungkin akan segera dilaporkan kepada pengawas pemilu,” jelas Nisa, sapaan akrabnya.

Baca juga: Belum Lama Muncul, PKR Targetkan Masuk 5 Besar Parpol

“Upaya ini sejalan dengan terbatasnya waktu penanganan pelanggaran pemilu. Ditambah juga modus dan potensi pelanggaran pemilu juga selalu dinamis dan berubah,” tambahnya.

Oleh sebab itu, langkah Perludem mendaftar sebagai pemantau pemilu menjadi satu inisiatif partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi. Dalam hal ini, untuk mengupayakan Pemilu 2024 yang jujur, adil dan demokratis.(OL-11)
 

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Kuasa Hukum Brigadir J Berharap Majelis Hakim Benar-Benar Wakil Tuhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 22:23 WIB
Majelis hakim di persidangan nanti diharapkan dapat memutus perkara dengan seadil-adilnya, yakni dengan mengenakan pasal 340 KUHP tentang...
MI/Susanto

Paulus Waterpaw Laporkan Kuasa Hukum Lukas Enembe

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Kamis 29 September 2022, 20:39 WIB
Barang bukti yang diserahkan beberapa video salah satunya video konferensi pers yang mengatakan bahwa mantan polisi berbahaya jika harus...
MI/MOH IRFAN

Ibu Brigadir J Berharap Kebenaran Terungkap dan Hadirkan Keadilan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 29 September 2022, 20:17 WIB
Ibu dari Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, berharap agar sidang kasus pembunuhan anaknya nanti dapat mengungkapkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya