Selasa 12 Juli 2022, 19:46 WIB

Ini Faktor yang Mendorong Ganjar Puncaki Survei Elektabilitas Parameter Politik Indonesia

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Ini Faktor yang Mendorong Ganjar Puncaki Survei Elektabilitas Parameter Politik Indonesia

Dok. Parameter Politik Indonesia
Survei elektabilitas capres Parameter Politik Inodnesia

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memuncaki elektabilitas nasional pada survei Parameter Politik Indonesia dalam seluruh simulasi. Ganjar memperoleh dukungan sebanyak 25,4 persen, mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 19 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 17,8 persen. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengungkap konsistennya Ganjar Pranowo memuncaki Elektabilitas Capres 2024. Adi Prayitno menyebut Ganjar disukai masyarakat karena kinerjanya yang sudah terbukti.

Sebanyak 26,2 persen menyatakan Ganjar memiliki kinerja yang terbukti. Sementara 24,4 persen dukungan lahir karena Ganjar merakyat, dan 14 persen lainnya menyatakan Ganjar orang yang baik. 

"Ganjar Pranowo dipilih karena dianggap terbukti kinerjanya di Jateng 26,2 persen masyarakat mengatakan seperti itu," tutur Adi dalam pemaparan survei yang dilakukan secara daring, Selasa (12/7/2022). 

Lebih lanjut, Adi menyebut para pendukung Ganjar memiliki alasan tersendiri mengapa bisa menilai demikian. Salah satunya, kata Adi, Ganjar sering melakukan blusukan di Jateng, sehingga dekat dengan kalangan masyarakat. 

Baca juga : Survei Parameter Politik Indonesia : Ganjar Top Of Mind Elektabilitas Capres 2024

"Pak Ganjar itu dinilai berkinerja baik, kemudian dianggap merakyat suka blusukan lah kira-kira begitu dekat dengan masyarakat, dan ketiga adalah orangnya baik," kata dia. 

Alasan lain yaitu Ganjar yang merakyat dengan 24,2 persen dan tegas dalam memimpin. Figur Ganjar yang baik hati dan kerap membantu orang-orang kecil juga disukai masyarakat. 

"Tiga posisi penting yang membuat positioning Pak Ganjar mendapatkan hati pemilihnya di saat ini. Itu kita tanya kepada mereka yang memilih Pak Ganjar andai Pilpres dilakukan hari ini," imbuhnya. 

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 15-29 Juni 2022 dengan metode teleponing menggunakan kuisioner yang dilakukan enumerator terlatih. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Adapun sampel terdiri dari 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampel diambil dengan metode simple random sampling dari 10.000 data target yang telah dipilih secara random. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Wahdi Setiawan

Brigadir RR, Tersangka Baru dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:16 WIB
Brigadir RR alias Ricky Rizal saat ini sudah ditahan oleh pihak kepolisian di Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta...
Ist

Emak-Emak dan Milenial Jateng Dukung Ganjar dan Sandiaga Uno di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:30 WIB
Ratusan emak-emak dan generasi milenial di Jawa Tengah menyatakan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk maju sebagai...
MI/BAYU ANGGORO

Golkar Jawa Barat Bebaskan Airlangga Pilih Pasangan dalam Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:40 WIB
Sejumlah pihak mengusulkan Airlangga berpasangan dengan Anies Baswedan atau Ridwan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya