Selasa 14 Desember 2021, 12:32 WIB

Wakil Ketua Komisi VI DPR Ingatkan Mendag Koordinasi dengan Menperin

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Wakil Ketua Komisi VI DPR Ingatkan Mendag Koordinasi dengan Menperin

Ist/DPR
Mendag Muhammad Lutfi rapat dengan Komisi VI DPR di di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/12).

 

KOMISI VI DPR RI menggelar rapat bersama dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam pembahasan mengenai Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/12).

Dalam rapat itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Demer menyinggung agar Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berkoordinasi dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam hal perjanjian perdagangan.

Hal itu untuk memastikan bahwa perjanjian perdagangan yang dibuat dengan mitra lain di kawasan dapat menumbuhkembangkan dunia industri dalam negeri.

"Kita harus mengawasi betul perjanjian perdagangan yang telah disepakati, jangan sampai ujung-ujungnya hanya membuat kita sebagai negara konsumtif," ujar Demer mantap.

"Untuk itu saya minta nanti ada hal-hal dimana perjanjian-perjanjian perdagangan tersebut dikoordinasikan pula dengan Menteri Perindustrian," tambahnya.

Disisi lain Mendag Lutfi menegaskan bahwa perjanjian RCEP adalah inisiasi dari Indonesia sendiri dan bukan merupakan dominasi dari China.

"Perjanjian RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement) adalah inisiasi Indonesia di dalam menyeimbangkan global trading power. Jadi ini bukan China dominasinya. Jadi kalau ada yg bilang RCEP ini dominasi china salah besar," jelasnya.

"Karena ini menggunakan sentralitas ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) untuk menyeimbangkan dominasi Amerika yang pada saat itu menginisiasi namanya TPP (Trans Pacific Partnership)," ungkap Lutfi.

Terakhir dalam rapat, Demer mengingatkan bawa persaingan daripada perdagangan ini ujung-ujungnya adalah bagaimana kita menumbuhkembangkan industri itu sendiri baik di dalam negeri maupun dalam skala global. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Haryanto Mega

Pemenang Pemilu 2024 Ditentukan Kolaborasi Parpol Populer 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:21 WIB
Berdasarkan survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, elektabilitas parpol tertinggi masih dipegang Partai Demokrasi Indonesia...
MI/Susanto

KPU Masih Tunggu Sisa Anggaran Pemilu di 2022 yang Belum Cair

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:15 WIB
Pasalnya, dari anggaran Rp8,06 Triliun, pemerintah baru mengucurkan Rp2,4 Triliun atau kurang Rp5,6...
dok.dpr-ri.go.id

Komisi III Minta Kejaksaan dan Polri Ambil Langkah Konkret Soal Kredit Macet Titan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 20:15 WIB
KOMISI III DPR RI menggelar RDP panja pengawasan penegakan hukum dengan Kejaksaan dan Polri terkait pengaduan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya