Jumat 12 November 2021, 23:53 WIB

Prabowo Ungkap Asal Mula Namanya dari Anggota Polisi Istimewa

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Prabowo Ungkap Asal Mula Namanya dari Anggota Polisi Istimewa

Dok Tim Media Prabowo
Menhan Prabowo Subianto saat menerima penganugeraan Warga Kehormatan Brimob di Mako Brimob, Depok

 

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan asl-usul namanya ketika menghadiri penganugerahaan dirinya sebagai Warga Kehormatan Brimob di Mako Brimob, Depok, Jumat (12/11). Prabowo bercerita mengenai sosok almarhum pamannya yang tidak diketahui oleh banyak orang 

"Di keluarga saya, orang tua saya pak Soemitro punya adik laki-laki yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di Akmil Tangerang, namanya Suyono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada peristiwa Lengkong, Januari 1946," cerita Prabowo di Mako Brimob. 

Prabowo mengaku ada anggota Polisi Istimewa yang menjadi bagian dari keluarga besarna, yakni pamannya yang ternyata seorang perwira Polri. Bahkan bagian dari namanya saat ini berasal dari nama sang paman.

"Yang banyak tidak tahu, paman saya yang satu lagi, kakaknya Suyono, namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang, Prabowo Subianto,” ungkapnya. 

Karier sang paman, lanjut Prabowo, di awal-awal kemerdekaan Indonesia sudah tergabung dengan korps Bhayangkara sebagai Polisi Istimewa, yakni cikal bakal Brimob saat ini.  “Subianto itu dari Agustus 1945 tergabung dalam Polisi Istimewa. Polisi Istimewa adalah cikal bakal dari Brimob, jadi bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang korps brimob,” imbuhnya. 

Oleh karena itu, dengan pemberian anugerah yang diberikan oleh Korps Brimob kepadanya hari ini sebagai Warga Kehormatan Utama, Prabowo mengaku sangat terharu. 

“Jadi mungkin takdir, ada malaikat yang membisikkan komandanmu, mungkin paman saya lihat dari atas. Hari ini kebahagian bagi saya bahwa saya keponakan polisi istimewa, seorang Brimob," tutur Prabowo. 

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo kemudian berpesan agar Korp Brimob kedepan bisa menjadi organisasi yang tangguh, kuat dan menjadi andalan bangsa.  "Garang terhadap musuh, tapi melindungi rakyat, cintai rakyat, dan dicintai rakyat. Jagalah kehormatan yang baik. Saudara adalah andalan negara dan bangsa," pesannya.

Diketahui Penganugerahan Warga Kehormatan Brimob kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Brimob Polri yang ke-76 yang jatuh pada 14 November 2021.

Gelar warga kehormatan Korps Brimob untuk Prabowo Subianto merupakan wujud terima kasih Korps Brimob Polri atas dedikasi Prabowo kala menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus). Prabowo kala itu mengikutsertakan 128 personel Korps Brimob yang diberi nama Kompi Pemburu yang bertugas di Timor-timur hingga Aceh. Apa yang dilakukan Prabowo saat itu memberikan efek semangat patriotisme terhadap pasukan Korps Brimob Polri hingga terus berkembang, bahkan melegenda. (Ant/OL-8)

Baca Juga

MI/Dok Humas Polri

Ferrari Indra Kenz Tiba di Bareskrim Polri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:09 WIB
Ferrari milik Indra Kenz disita sebagai barang bukti dalam kasus penipuan investasi...
Dok Kemendagri

Kemendagri Dorong Sinkronisasi Rencana Pembangunan Pusat dan Daerah

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 22 Mei 2022, 23:54 WIB
Teguh juga mengingatkan daerah agar mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri...
Antara

PKB Tertarik Gabung Koalisi Indonesia Bersatu, Asal Capresnya Muhaimin

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Minggu 22 Mei 2022, 21:54 WIB
Muhaimin menyatakan PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya