Kamis 10 Desember 2020, 11:25 WIB

Presiden: Persoalan Kebebasan Beribadah Harus Diselesaikan

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Persoalan Kebebasan Beribadah Harus Diselesaikan

Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta aparat penegak hukum bersama-sama pemerintah pusat dan daerah bersinergi menyelesaikan persoalan terkait kebebasan beribadah di Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini, gangguan terhadap kegiatan dan rumah ibadah masih kerap terjadi di beberapa daerah. Jokowi ingin gangguan-gangguan tersebut dapat dicegah dan kasus-kasus yang telah terjadi bisa diselesaikan dengan jalan damai.

"Kita masih menghadapi masalah kebebasan beribadah di beberapa tempat. Untuk itu saya meminta agar aparat keamanan, pemeirinaah pusat dan daerah secara aktif dan responsif menyelesaikan ini secara damai dan bijaksana," ujar Jokowi dalam acara peringatan Hari HAM Sedunia, di Jakarta, Kamis (10/12).

Hingga saat ini, kasus penyerangan terhadap rumah ibadah memang masih menjadi masalah serius yang sulit ditangani.

Setara Institute mencatat, sejak 2007 hingga 2018, setidaknya terdapat 398 gangguan terhadap rumah ibadah. Gereja merupakan rumah ibadah yang paling sering diserang dengan total 199 gangguan.

Lembaga independen itu juga menyajikan data menarik. Tindakan intoleransi ternyata tidak hanya menyerang kelompok minoritas karena banyak pula kasus penyerangan terhadap masjid.

Baca juga : Pemerintah Berkomitmen Tuntaskan Persoalan HAM di Masa Lalu

Dalam rentang 12 tahun, terdapat 133 gangguan terhadap rumah ibadah umat Islam itu. Aliran keagamaan tertentu juga menjadi korban selanjutnya dengan total 32 gangguan.

Gangguan-gangguan tersebut tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Jawa Barat menjadi provinsi dengan angka gangguan kebebasan beragama tertinggi dengan 629 peristiwa. Para pelaku intoleransi terdiri atas aktor negara seperti kepolisian dan pemerintah serta aktor nonnegara warga, ormas keagamaan. (P-5)

Baca Juga

MI/ Susanto

Kejagung Periksa Dua Pegawai BUMN terkait Korupsi Dua Palma

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:18 WIB
Estimasi kerugian keuangan dan perekonomian negara yang ditimbulkan kasus Duta Palma mencapai Rp78...
MI/Susanto

Kejagung Periksa Lima Saksi Korupsi di PT Waskita Beton Precast Tbk

👤Sri Utami 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:07 WIB
DIREKTUR Utama PT Waskita Beton Precast Tbk FX Purbayu Ratsunu (FPR) diperiksa terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan...
dok.ist

Kuasa Hukum Nizar Dahlan Bantah Pernyataan KPK di Praperadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:39 WIB
KADER senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nizar Dahlan bersama kuasa hukumnya Rezekinta Sofrizal menanggapi jawaban KPK dalam sidang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya