Kamis 09 Mei 2019, 20:23 WIB

Eggi Tersangka, Mahfud: Buktinya Pasti Tidak Hanya Pernyataan

Rudy Polycarpus | Politik dan Hukum
Eggi Tersangka, Mahfud: Buktinya Pasti Tidak Hanya Pernyataan

MI/Ardi Teristi Hardi
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

 

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berpendapat penyidik Polda Metro Jaya tidak sembarangan menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka dalam kasus dugaan makar.

Menurutnya, penyidik pasti memiliki bukti-bukti yang komprehensif guna menjerat Eggi.

"Pasti alasannya bukan karena bilang people power, pasti ada alat bukti lain. Polisi itu kan tidak bodoh juga. artinya pasti ada 2 alat bukti untuk menyatakan itu," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/5).

Baca juga: Eggi Sudjana Disangkakan Pasal Berlapis

Unsur-unsur yang menguatkan makar, jelas Mahfud, misalnya pertemuan yang membahas rencana makar dan orang-orang yang turut serta.

"Misalnya pertemuan makar untuk melakukan ini itu, pertemuannya di mana, yang bicara siapa. Tapi saya belum tau betul apakah eggi sudjana itu dijadikan tersangka dan saya tidak tahu alat buktinya (polisi) apa saja," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Eggi dijerat dengan Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.

Sebelumnya, Eggi dilaporkan oleh politisi PDI-p S Dewi Ambarawati alas Dewi Tanjung ke Polda Metro Jaya atas tuduhan makar. Dewi melaporkan Eggi berkaitan dengan beredarnya video di mana Eggi menyerukan people power dalam sebuah orasi. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal H

Lukas Enembe Diminta Serahkan Rekam Medis Resmi Soal Kesehatannya

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:45 WIB
"Alasan ketidakhadiran tersangka karena kesehatan tentu juga harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis supaya kami dapat analisis...
MI/Heri Susetyo

Paska Andika Perkasa, Panglima TNI dari AL, AU atau AD Lagi Ya?

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:20 WIB
PANGLIMA TNI, Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun sebagai prajurit TNI pada Desember 2022. Penggantinya dari matra AU, AL...
MI/Susanto

Kritik AHY ke Jokowi Soal Infrastruktur Dinilai Sebagai Langkah Bunuh Diri

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:12 WIB
“Infrastruktur itu backbone politik Jokowi. Kepuasaan publik di bidang infrastruktur memuaskan. Wajah politik Jokowi itu wajah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya