Selasa 17 Juli 2018, 11:19 WIB

KPU Pastikan tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
KPU Pastikan tidak Ada Perpanjangan Waktu Pendaftaran

MI/SUSANTO
Pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) melintas di depan logo lembaga di Kantor KPU, Imam Bonjol, Jakarta Pusat

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan masa pendaftaran caleg yang sudah dibuka sejak 4 Juli lalu tidak akan diperpanjang. Pendaftaran akan ditutup hari ini, Selasa (17/7), pukul 24.00 WIB.

"Pokoknya nanti pukul 24.00 sudah tidak ada penerimaan berkas lagi. Jadi mungkin di sisa waktu ini bisa dikabarkan kepada seluruh parpol. Kita hanya akan menerima berkas sampai pukul 24.00. Setelah itu sudah tidak boleh lagi penerimaan berkas. Kita periksa hanya berkas yang sudah dimasukkan sebelum pukul 24.00," kata Ketua KPU RI Arief Budiman di gedung KPU, Menteng, Jakarta, Selasa (17/7).

Sementara itu, dari pantauan sistem invidasi calon (silon), KPU mengatakan sebagian besar partai baru mengisi data-data calegnya sebesar 80%.

Parpol, menurutnya, tidak perlu mengajukan jumlah maksimum caleg dalam satu daerah pemilihan (dapil). Hal itu akan memudahkan parpol dalam menempatkan caleg di kantong suara yang potensial bagi parpol tersebut.

"Boleh tidak daftar untuk satu dapil. Kalau maksimal ada 10 kursi mau dia daftar cuma tujuh caleg ya tidak apa-apa," ujarnya.

Sementara itu, sampai saat ini, KPU sedang melakukan tahap verifikasi berkas pendaftaran caleg dari Partai NasDem yang mendaftarkan calegnya kemarin, Senin (16/7), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang melakukan pendaftaran pagi ini. (OL-2)

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya