Senin 21 Agustus 2017, 06:02 WIB

Jangan Remehkan Simbol Negara

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Jangan Remehkan Simbol Negara

AFP PHOTO/Mohd Rasfan

 

KEMEGAHAN upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Sabtu (19/8) malam terasa hambar setelah diketahui bendera kebanggaan RI dicetak terbalik, putih merah, dalam buku panduan di halaman 80 pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Kesalahan pihak Komite Penyelenggara SEA Games ke-29 itu membuat berang masyarakat Indonesia. Warganet ramai-ramai membela merah putih di lini masa Twitter. Mereka menumpahkan kritik dan hujatan ke negeri jiran itu dengan tanda pagar #Shame­OnYouMalaysia, kemarin.

Pemilik nama Sherlly Frisillia L melalui akun @sherllyfl mengatakan, “Why are we so angry? Cause we got our flag from the blood of my heroes, and you look don’t appreciate that (Mengapa kami begitu marah, karena kami memiliki bendera yang berasal dari darah para pejuang, dan kelihatannya Anda (Malaysia) tidak menghargainya).”

Celakanya, kesalahan tidak hanya pada buku panduan, surat kabar berbahasa Melayu yang mengulas SEA Games 2017, Metro Ahad, kemarin, juga salah memasang foto bendera Indonesia, putih merah.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi (@imam_nahrawi) menulis, ‘Pembukaan #SEAgame2017 yg bagus tapi tercederai dg keteledoran fatal yg amat menyakitkan. Bendera kita... Merah Putih. ­Astaghfirullaah...’.

Setali tiga uang, Presiden Joko Widodo sangat menyesalkan insiden itu. “Kita menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia dalam hal ini karena ini menyangkut sebuah kebanggaan nasionalisme dari bangsa Indonesia,” kata Jokowi di Lapangan Park & Ride, Jakarta, kemarin.

Permohonan maaf
Gayung bersambut, Menteri Pemuda dan Olahraga ­Malaysia Khairy Jamaludin Abu Bakar menyampaikan permohonan maaf secara langsung kepada Menpora Imam Nahrawi di Hotel ­Shangri-La, Kuala Lumpur.

“Saya memohon maaf kepada Pak Imam selaku menpora dan memohon maaf pada seluruh rakyat Indonesia. Ini tidak disengaja, tetapi merupakan sebuah kelalaian yang besar,” ujar Khairy, kemarin.

Khairy melanjutkan, Kerajaan Malaysia akan segera merilis permintaan maaf secara resmi melalui Kemenlu Malaysia. Dia berjanji pihaknya akan menarik buku panduan SEA Games dan menggantinya dengan buku panduan yang baru.

Menpora Imam pun menerima permohonan maaf dari pemerintah Malaysia. Menteri asal Bangkalan, Madura, itu berharap kesalahan serupa tak terulang.

Pakar hubungan internasional dari Universitas Padja­dja­­ran­ Bandung, Teuku Rezasyah, mengatakan permohonan maaf Malaysia harus konkret. “Malaysia harus tegas menunjukkan dan menjelaskan letak kesalahan itu dan siapa pihak yang bertanggung jawab.”

Polisi Malaysia juga tengah menyelidiki kasus itu. “Kami tidak ingin negara tetangga kami, Indonesia, merasa sakit hati. Kami perlu mengambil tindakan untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi di masa depan,” kata Direktur Cabang Khusus, Mohamad Fuzi Harun, melalui kantor berita resmi pemerintah Malaysia, Bernama, kemarin. (Ire/Hym/Nov/X-4)

Baca Juga

Antara

Putusan PK Djoko Susilo jadi Alaram Urgensi UU Perampasan Aset

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 09 Mei 2021, 21:00 WIB
Menurut Yenti, UU Perampasan Aset akan mengatur proses barang bukti yang disita sejak tahap penyidikan sampai proses...
Antara

KPK Pastikan Data Barang Rampasan dari Djoko Susilo Tersimpan Baik

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 09 Mei 2021, 20:45 WIB
KPK memastikan data arsip barang yang telah dirampas dalam perkara korupsi proyek simulator SIM untuk terpidana mantan Kakorlantas...
MI/Koresponden

Dalang Kerusuhan Papua, Victor Yeimo Diciduk Satgas Nemangkawi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 09 Mei 2021, 20:37 WIB
Kepala Satgas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy membenarkan informasi mengenai penangkapan Victor Yeimo di Jayapura,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya