Senin 21 Maret 2022, 18:27 WIB

Smoot, Swap, Grab dan PLN Berkolaborasi Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Mediaindonesia.com | Otomotif
Smoot, Swap, Grab dan PLN Berkolaborasi Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik

.
Smoot Motor Indonesia

 

Smoot Motor, SWAP Energi, Grab dan PLN bersinergi dalam upaya mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi. Melalui kolaborasi ini mereka menyatukan peran strategis dalam upaya menciptakan kendaraan ramah lingkungan terjangkau bagi semua kalangan. 

Melalui kolaborasi ini Smoot, SWAP, Grab dan PLN ingin mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon hingga 41% pada 2030 yang selaras dengan #LangkahHijau Grab dalam pelestarian lingkungan.

Dalam kolaborasi ini PT Smoot Motor Indonesia akan menyediakan motor listrik untuk armada Grab. Sedangkan PT Swap Energi Indonesia bertugas menyiapkan 400 titik stasiun penukaran baterai SWAP Poin melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, Shell, dan Circle-K untuk area Jabodetabek serta Bali.

"Smoot dan SWAP menyambut baik kolaborasi nyata dengan Grab dan PLN. Saya berharap ekosistem dari SWAP Energy dan Smoot dapat berkontribusi terhadap pengurangan polusi udara di Indonesia," ungap Founder dan CEO PT Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia, Irwan Tjahaja dalam acara Talkshow Ride to The Future di Senayan Park, Jakarta, Senin (21/3). 

Smoot berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan motor listrik untuk armada Grab secara maksimal melalui varian Tempur berupa sepeda motor listrik yang telah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP yang memungkinkan mitra Grab tidak perlu lagi melakukan proses pengisian (charging) baterai dan khawatir kehabisan daya di tengah jalan. Cukup dengan menukar baterai yang hanya memakan waktu 9 detik di SWAP Poin terdekat.

Grab sebagai operator kendaraan listrik berbasis ride-hailing terbesar di Indonesia terus berupaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Sejak diluncurkan pada 2019, sudah ada 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi pada kendaraan roda dua yang mengaspal di Indonesia. Jumlah tersebut  sudah membantu mengurangi emisi CO2 hingga 4.600 ton, setara dengan menanam 260.000 pohon. 

Tak hanya berdampak positif pada lingkungan, kehadiran armada listrik juga membuka peluang baru bagi mitra pengemudi. Grab mengoperasikan armada kendaraan listrik dengan skema rental, dimana Grab membeli motor listrik dari produsen, kemudian menyewakannya per hari, dengan demikian mitra pengemudi dapat berhemat karena pemeliharaan motor ditanggung Grab.

"Sinergi antara pelaku bisnis yang hadir pada kesempatan hari ini merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian," ujar President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. 

Hal ini menurut Ridzky, sejalan dengan salah satu fokus Pemerintah pada perhelatan G20 Presidensi Indonesia, yaitu transisi energi, dan Grab menargetkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air.

Baca Juga

Dok. Moladin

Moladin Siap Layani Tukar Tambah Mobil Bekas di IIMS Surabaya, Sediakan Voucher Jutaan Rupiah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:51 WIB
"Pengunjung yang tertarik untuk menjual atau trade-in mobil dapat mengunjungi appraisal area Moladin yang berada di area parkir....
MBDI

Mercedes-Benz Sales and Service Clinic Event Hadir di Bekasi

👤RO 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:31 WIB
Sales and Service Clinic Event (SSCE) kali ini digelar di Summarecon Mal Bekasi pada 23-29 Mei 2022 dan didukung oleh diler Mercedes-Benz....
Antara

Honda Tegaskan tidak Suntik Mati Mobilio

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:00 WIB
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menegaskan perusahaan tidak "menyuntik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya