Jumat 14 Februari 2020, 00:15 WIB

Ilmuwan Jerman Ciptakan Telinga Ajaib Mobil

Nurtjahyadi | Otomotif
Ilmuwan Jerman Ciptakan Telinga Ajaib Mobil

Istimewa
Ilustrasi telinga ajaib yang akan dipasang di mobil

 

BEBERAPA mobil kelas atas saat ini memanfaatkan sistem visi komputer untuk 'melihat' berbagai obyek penting seperti marka jalan, dan pejalan kaki.

Teknologi terus berkembang dan saat ini tidak hanya penglihatan tapi juga mulai memikirkan untuk 'mendengar' suara-suara lingkungan.

Setelah melakukan sejumlah pebelitian, para ilmuwan Jerman menciptakan sistem pengenalan suara bising (noise-recognition system) untuk mobil.

Teknologi tersebut tengah dikembangkan oleh sebuah tim di Fraunhover Institute bidang Digital Media Technology. Hasilnya adalah sebuah sirip aerodinamis yang ditempatkan di atap kendaraan mirip seperti antena modern.

Di dalam sirip tersebut terdapat deretan mikrofon untuk menangkap suara-suara di sekeliling kendaraan. Suara-suara yang tertangkap kemudian diteruskan ke unit kontrol terpisah berisi mikroprosesor yang menjalankan perangkat lunak khusus berdasarkan algoritma berbasis kecerdasan buatan.

Baca juga : Pegiat Offroad Ikut Bidani Lahirnya Ban Baru Kualitas Ekspor

Algoritma-algoritma tersebut awalnya dilatih untuk mengenali suara-suara yang penting untuk didengar oleh pengemudi menggunakan database berupa contoh rekaman suara-suara tersebut, seperti suara sirene yang mendekat, riuhnya anak-anak yang sedang bermain, bahkan suara 'klik' paku yang tertancap pada ban saat bersentuhan dengan aspal ketika roda berputar.

Setelah menekan kebisingan suara latar yang mengganggu dan meningkatkan suara-suara khas tadi maka perangkat lunak akan lebih mudah mengidentifikasi suara-suara penting seperti sirene.

Olahan suara sirene yang tertangkap oleh beberapa mikrofon pada alat tersebut membuat perangkat lunak mampu menentukan dari arah mana suara sirene berasal.

Sistem ini kemudian menginformasikan situasi tersebut kepada pengemudi sehingga pengemudi dapat segera menentukan langkah apa yang perlu dilakukan segera.

Bahkan pada mobil-mobil berteknologi swa kemudi sistem ini dapat diintegrasikan sehingga memungkinkan mobil akan secara otomatis menepi ke sisi jalan. Bisa dibilang ini adalah telinga ajaib untuk mobil.

Teknologi yang diharapkan dapat tersedia secara komersial dalam kisaran lima tahun ke depan ini juga dapat dikembangkan untuk berbagai keperluan lain yang lebih luas. Misalnya untuk mendeteksi suara-suara mesin yang tidak berfungsi dengan baik di sebuah pabrik. (OL-7)

Baca Juga

SIS

Suzuki Lanjutkan Program Extra Cashback Rp4 Juta

👤RO 🕔Jumat 04 Desember 2020, 10:38 WIB
Tingginya minat konsumen terhadap program ini terlihat dari banyaknya permintaan tukar tambah kendaraan hingga mencapai 161 permintaan dan...
Federal Oil

Federal Oil Bantu Perekonomian Bengkel dengan Promo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 09:59 WIB
Federal Oil terus berupaya untuk mendorong pergerakan roda perekonomian bengkel, salah satunya melalui program Sobek...
MI/CHADIE

Mercedes-Benz Indonesia Rilis Dua Varian GLE Coupe

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 01:22 WIB
Untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam, GLE 450 4MATIC membukukannya dalam waktu 5,7 detik, sementara AMG GLE 53 4MATIC+ sedikit lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya