Kamis 13 Februari 2020, 19:55 WIB

Pegiat Offroad Ikut Bidani Lahirnya Ban Baru Kualitas Ekspor

M Setiawan Alun Segoro | Otomotif
Pegiat Offroad Ikut Bidani Lahirnya Ban Baru Kualitas Ekspor

MI/Alun
Ban offroad produk dalam negeri yang lahir berkat masukan dari komunitas offroad Tanah Air.

BAGI para penyuka aktivitas adventur, seperti para penggemar dan pegiat olahraga offroad, keseruan berpetualang di ranah yang jarang atau bahkan belum pernah dikunjungi masyarakat kebanyakan merupakan sensasi tersendiri.

Berkendara masuk ke hutan belantara, menyeberang sungai, menyusuri medan menantang dengan jalanan berbatu, berpasir, dan berlumpur. Hingga melibas lintasan terjal, dibingkai jurang di kanan-kiri, seolah menjadi satu kepuasan yang sulit terbayarkan.

Namun, untuk mendukung aktivitas tersebut, tentu dibutuhkan kendaraan yang sesuai dan mumpuni, serta perangkat pendukung yang tangguh dari kendaraan yang digunakan. Salah satu bagian penting dari kendaraan offroad tersebut ialah ban berkualitas.

Untuk bisa melewati lintasan offroad penuh tantangan, seperti yang digambarkan tadi, kendaraan berpenggerak 4x4 jelas dibutuhkan. Begitu pula dengan tipe ban yang sesuai dan berkualitas. Menjadi salah satu modal dasar, demi meraih kenikmatan dalam memacu adrenalin.

Menyadari kebutuhan yang ada, dan peluang yang terbuka. Mengingat banyaknya penggemar kegiatan offroad di Tanah Air, dengan kondisi alam di Indonesia yang sangat cocok untuk aktivitas blusukan ke dalam hutan.

Maka salah satu produsen ban ternama Indonesia, PT Industri Karet Deli (IKD), yang terkenal dengan merek Swallow untuk produk ban sepeda dan motor, menangkap sinyalemen tersebut.


Baca juga: Astra Auto Fest 2020 Digelar di Empat Kota


IKD sebagai produsen yang telah berpengalaman memproduksi ban, bukan hanya ban sepeda dan kendaraan roda dua. Melainkan juga ban mobil dan truk, untuk medan onroad maupun offroad, segera menyikapi peluang tersebut.

Perusahaan kini membuat produk ban offroad terbaru yang dinamakan Delium XTreme Xpedition (Delium XX). Produk anyar ini terlahir dari hasil riset kolaborasi antara PT IKD dan komunitas offroad Xtreme Indonesia.

"Selama ini kami sudah memproduksi ban yang selain digemari di Indonesia, juga telah ekspor ke sejumlah negara di Amerika, Eropa dan Asia," ujar Edwin Joetan, Kepala Bagian Penjualan PT IKD untuk Indonesia dan Amerika Utara.

Delium XX diakuinya merupakan ban offroad unggulan dari perusahaannya. Menurutnya lagi, ban offroad Delium XX selain berkualitas, juga bisa tampil lebih gagah, karena hadir dengan desain yang lebih modern.

"Diperkuat teknologi terkini, serta performa terbaik, dilengkapi sertifikat SNI dan DOT (Department of Transportation USA)," kata Edwin saat peluncuran Delium XX di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (12/2).

Ban Delium XX saat ini tersedia dalam dua pilihan. Yaitu ukuran 35x10.5-15LT 6PR/TL, dengan harga Rp2.825.000/pcs. Dan ukuran 37x12.5-16LT 6PR/TL yang dibanderol Rp3.588.000/pcs.

"Mengenai ukuran tambahan Delium XX akan kami hadirkan dalam waktu dekat," jelas Edwin. (S-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More